Tips Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone - Saat ini smartphone sudah menjadi barang kebutuhan sebagai alat penunjang dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Dengan kata lain, smartphone sudah jadi pusat banyak kegiatan, mulai dari memotret, menonton film, mendengarkan musik, hingga mengetik berbagai tugas. Sayangnya, fungsi-fungsi tersebut masih sering terkendala disebabkan beterai yang lekas habis. Mau gak mau ponsel pun harus sering bolak-balik dicolokan ke charger. 

Sebenarnya ada cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang bisa dilakukan agar pengisian baterai smartphone anda berjalan lebih cepat. Bahkan kadang cara-cara tersebut merupakan hal sederhana. Hanya saja kitanya yang tidak sadar bahwa hal-hal seperti itu justru bisa membantu mempercepat pengisian daya baterai smartphone.

cara mempercepat charge baterai smartphone, pengisian baterai super cepat
Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone [image: detikdotinfo.com]

Emang sih, cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang admin sampaikan disini tidak lantas membuat proses pengisian baterai smartphone jadi secepat kilat. Tapi setidaknya akan membuat pengisian daya berjalan 15-25% lebih cepat. Lumayan kan, daripada lumanyun... :D

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone


1. Gunakan Charger Original, Bukan dari USB Port
Jika anda dalam situasi waktu yang terbatas, mengisi baterai smartphone dengan menggunakan USB port, bukan solusi yang tepat. Penggunaan kabel USB justru akan membuat proses pengisian daya akan lambat. Untuk itu selalu gunakan charger original, setidaknya ini dapat mengurangi resiko kerusakan pada baterai ponsel anda yang berakibat pada kebocoran. Karena dengan tidak menggunakan charger original dari smartphone tersebut, besar kemungkinan daya yang dikirimkan tidaklah sama. Pasalnya, tegangan disetiap baterai berbeda-beda tergantung baterai yang digunakan. Selain itu, pihak vendor tentu sudah menghitung seberapa besar tegangan dan aliran arus yang pas untuk perangkatnya. Oleh sebab itu selalu gunakan charger original ketika melakukan pengisian ulang.

2. Gunakan Kabel USB Terbaik
Jangan remehkan kabel USB yang dipakai sehari-hari. Meksi terkesan sepele, kualitas kabel ini berpengaruh pada kecepatan charge ponsel. Kabel USB murah, biasanya dibuat sangat tipis dan tidak menghantarkan daya dengan baik. Logam yang dipakai pun berkualitas rendah sehingga tidak bisa menangani listrik berdaya tinggi. Sebaiknya gunakan kabel USB dari paket pembelian ponsel. Atau sebagai alternatif, carilah USB kualitas terbaik buatan brand yang sudah dipercaya.

3. Matikan Smartphone pada saat Charging 
Dengan mematikan smartphone ketika proses charging, maka proses pengisian daya akan semakin terfokus. Terbukti, smartphone yang di-charging dalam keadaan mati dapat mempercepat pengisian daya 12% dari waktu normal ketika smartphone dalam kondisi menyala. Hal ini disebabkan karena ketika smartphone dalam kondisi menyala, masih ada beberapa proses yang berjalan, sebut saja salah satunya adalah mencari sinyal. Hal ini jelas memakan banyak daya, apalagi jika sinyal yang anda gunakan untuk konektivitas smartphone adalah sinyal teknologi tinggi seperti 3G atau 4G. Jadi, jika anda ingin proses pengisian baterai smartphone anda berjalan lebih cepat, sebaiknya matikan ponsel anda ketika proses charging.

4. Aktifkan Fitur Airplane Mode atau Mode Pesawat
Jika dengan mematikan smartphone dinilai terlalu ekstrem, karena bisa saja ada pesan penting yang dikirimkan via BBM, WhatsApp atau lainnya, maka dengan menggunakan Airplane Mode adalah pilihan yang bijak. Cara sederhana ini dapat membantu untuk mempercepat proses charging itu sendiri.

5. Kalibrasi Baterai
Baterai yang sering digunakan hingga benar-benar kehabisan daya alias 0%, akan memperpendek umur baterai. Hal ini yang mengakibatkan sering terjadi ketidaksempurnaan pengisian baterai. Agar tidak mengalami hal seperti itu, segera lakukan pengisian ulang (re-charging), minimal ketika baterai sudah berada pada posisi 5%. Jangan terus dipaksa menghabiskannya hingga blank. Selanjutnya, rajin-rajinlah melakukan kalibrasi minimal sebulan sekali. Gunakan smartphone anda hingga baterainya 0%, lalu isi hingga full 100% dalam kondisi mati. Cara kalibrasi ini akan membuat baterai smartphone lebih awet dan sehat. Baterai yang sehat akan lebih cepat terisi dan tidak cepat habis dibanding yang sudah berkondisi jelek.

Nah itulah teman-teman cara mempercepat pengisian baterai smartphone. Cara yang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Semoga tips cara mempercepat pengisian baterai smartphone di atas cukup membantu anda yang sering tidak punya waktu lama untuk re-charging smartphone. Jika anda pernah mengalami atau punya tips lain, silahkan share pengalaman anda dengan cara berkomentar pada kolom komentar di bawah ini. Dengan begitu pengalaman dan ilmu yang anda share tentu akan bermanfaat buat orang banyak.

53 komentar

ternyata kabel Usb maupun Charger murah sangat mempengaruhi kecepatan pengisian baterai ya mas.

saya kurang memperhatikan itu jeh

matikan handphone saat proses charger ini jg belum pernah saya lakukan kecuali karena memang hpnya udah kehabisan baterai duluan sebelum di cas
mas

mas admin koq pinter banget ngasih solusi sih

tips nya mau coba saya terapkan ah
kalau inget tapi

iya mas karena kualitas dari kabelnya pasti berbeda, pake yang ori aja makanya biar lebih makjleb

Saya mah sllu pakai original carger, pantesan smartphone sy cpt penuh

masak komen pertama cuman muncul wajah ganteng saya sih

Biasanya yang ngelakuin seperti ini ketika ponselnya masih baru mas tapi lama kelamaan juga mulai sakarepe dewek, itu saya soalnya hehehe... saya masih suka matiin kalo lagi ngecharge HPnya masih baru jeh hehehee...

harus dong, kalo nggak ta' setrap sampeyan :D

perasaan blog saya rada ada yang aneh nie mas, agak lemot deh kayaknya gak seperti kemarin. Apa jaringan inet saya yang lagi lemot?

Lha saya malah usb bawaan hp di taruh, dan memakai usb lama yang hpnya telah usang, dan ternyata mempengaruhi pengisian bateri, artinya saya harus mulai menggunakan usb aslinya, ya om?

Benar om, kok saya juga merasakan sedikit lambat loadnya, padahal jaringan saya untuk dowload 50mb cuma 2 menit. Atau karena browserku kebanyakan chace.

Ia mas marnes benar sekali, yang jadi masalah kenapa pengisian lama, tapi habisnya cepet,..jadinya ngga nyaman kalo lagi makai,

Dari semalmen ini mbak, pas saya utak-atik lagi templatenya kok rasanya jadi rada lemot gini loadingnya

ya setidaknya kalo pun gak pake yang bawaan pilih kabel usbnya yang bagus aja mbak

baterai hp saya mah buatan amerika jadi hanya tempo 10 menit udah langsung penuh, cepet banget kan ngisinya, maklum diisinya pas masih 99% sih

soto betawi apa soto kudus nih? yang jelas dong :D

Belom, kan sisanya mamang yang bayarin. makanya saya lagi nunggu-nunggu transferannya belom masuk juga, gimana ini coba?

Biasanya saat ngecas hp pada malam hari mau tidur ajah, jadi hp juga ikut tidur alias dimatiin, lebih cepat penuh sih menurut saya mah...

Kalu penggunaan apilkasi tertentu gak ngaruh banyak kayaknya.. tapi gak tahu kalau menurut pengguna yang lain.

Kabel USB sangat berpengaruh, harus dengan input an output ampere tinggi baru cepet ngeces hp android,.. Kalau kalibrasi kayanya tidak terlalu berpengaruh mas..

Saya biasanya pake mode pesawat aja sih. Btw itu kalau pake mode pesawat kan bbm, wa, sebangsanya juga ga bisa masuk mas?? Bener ga?
Oiya kalibrasi apaan? Hehee

Oh, ada kalibrasi baterai ya. Baru tau :)) thanks mas tipsnya.

iya kang saya juga biasanya ngecharge pas mau tidur jadi sekalian saya matiin

kalau pengecasannya bener, pasti baterai bisa tahan ya mas

saya jujur deh dari point-point yang disebutkan ada yang saya langgar, dan akhirnya jadi lama full nya si batray handpone ku
Hehe

iya nih saya juga ada 2 charger dirumah mang, cuma kalau hp bb pake casan dari android lama banget ngisinya tuh.

Tapi hp saya ini pake yg mana-mana juga cepet sih ngisinya, habisnya juga cepet hahahahaha

kalau saya ngecasnya kalau udah panas malah

kalau lg tidur mana bisa dimasukin coba?

Ngecas apa dulu nih? Sungguh mencurigakan :D

Saya selalu matikan smartphone saat mengecas, memang benar pengisiannya pun jadi cepat

tar bayarnya abis musim rambutan yah :D

Boleh, ijin dulu tapi sama mamang ketua

kalo benar berarti gak salah kan yah

saya dong chargernya satu tapi baterainya ada 2 biji

langgar kalo dikampung istri saya itu musolah lho mbak :)

inget jaman pake nokia tuh saya kaya gitu mang hahahaha

kl saya biasanya pakek cara yang no 4 mang, ketika mau tidur sy charger trs mode airplane sy matikan, lebih cepet lagi pakek adaptor yg 2A ampere jos dah

Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini
Peluang menguntungkan, gak perlu keluarin biaya banyak Di Dominobetqq
merefrensikan teman dapet bonus dan bonus Refferal 20% seumur hidup
Mini D3p0 10Rb
Mini Wd 25Rb
PIN BBM : 7B72C6E1
WA : +855968124428
Link Daftar : goo.gl/Xc1WWA


EmoticonEmoticon