10 Makanan Penyebab Bau Mulut yang Jarang Diketahui

Makanan Penyebab Bau Mulut - Memiliki aroma mulut yang berbau tidak sedap tentu akan mengganggu dan membuat anda kurang percaya diri ketika bercakap-cakap dengan orang lain. Bau mulut juga mungkin membuat orang yang anda ajak bicara menjadi kurang merasa nyaman saat berada di dekat anda. oleh karena itu, segera cari tahu penyebabnya (Baca: 6 Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Ketahui). 

Penyebab bau mulut muncul diantaranya karena kebersihan dan kesehatan gigi kurang terjaga. Misalnya akibat adanya infeksi pada gigi, gigi berlubang atau bahkan plak yang menempel pada gigi. Namun, masih banyak lagi penyebab lainnya mengapa seseorang memiliki aroma mulut yang berbau tidak sedap. Selain harus menjaga kebersihan mulut, sebaiknya anda perlu mengetahui faktor penyabab lainnya yang mengakibatkan munculnya aroma bau mulut. Salah satu faktor tersebut adalah jenis makanan yang dikonsumsi bisa saja merupakan faktor yang membuat mulut menjadi beraroma kurang sedap. Beberapa makanan penyebab bau mulut antara lain bawang merah, bawang putih, jengkol, petai, dan durian.

makanan penyebab bau mulut
Makanan penyebab bau mulut [image by google]

Selain makanan tersebut, ternyata masih banyak makanan lainnya yang menyebabkan bau mulut. Bahkan beberapa makanan mungkin jarang diketahui oleh sebagian orang dimana makanan tersebut merupakan pemicu munculnya aroma tak sedap alias bau mulut.

Dibawah ini marneskliker.com telah merangkum beberapa jenis makanan penyebab baut mulut dari berbagai sumber dan mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut ulasannya!

1. Daging Merah
Daging merah merupakan salahsatu makanan yang menimbulkan aroma yang kurang sedap pada mulut, tak hanya mulut bahkan aroma badan anda juga bisa terpengaruh. Ini disebabkan karena daging adalah makanan yang agak sulit dicerna oleh tubuh dan kemungkinan besar mengeluarkan gas yang kurang sedap pada tubuh. Apabila keluar keringat juga biasanya aroma yang dikeluarkan agak berbau kurang sedap.

2. Bawang Putih
Bawang putih, bawang bombai, bawang merah memiliki aroma yang kuat dan jika dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut bahkan bau badan menjadi kurang sedap. Bau yang dihasilkan pun kadang bisa bertahan beberapa jam hingga berhari-hari.

3. Makanan Berserat
Makanan baik yang tinggi serat maupun rendah serat bisa memicu timbulnya aroma kurang sedap pada mulut, yang menjadi penyebabnya yaitu serat yang mengandung metana, karbondioksida dan juga hidrogen yang memiliki sifat mengeluarkan gas ketika dicerna oleh tubuh.

4. Junk Food
Junk Food merupakan salah satu yang menyebabkan bau mulut dan juga bau pada badan. Ini disebabkan junk food mengandung lemak yang memaksa pencernaan bekerja untuk mengolahnya. Namun, banyak orang yang kurang menyadari penyebab bau mulut yang satu ini.

5. Produk Susu
Susu merupakan minuman yang sehat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan susu akan berdampak kurang baik bagi aroma mulut dan aroma badan anda. Sehingga mungkin saja aroma kurang sedap tersebut akan mengganggu orang-orang yang berada disekitar anda. Namun, anda bisa mencegah atau meredakan bau mulut tersebut dengan mengkonsumsi air putih apabila selesai mengkonsumsi susu atau olahan susu lainnya seperti keju.

6. Permen
Permen selain dapat merusak gigi anda, ternyata bisa menjadi pemicu bau mulut yang tak sedap. Ini disebabkan kandungan gula pada permen. Pada saat berinteraksi dengan gula, bakteri yang ada dalam mulut dipercaya mengeluarkan zat yang membuat mulut menjadi berbau kurang sedap.

7. Telur
Telur juga bisa memicu mnculnya bau mulut karena telur mengandung banyak protein. Ketika bereaksi dengan cairan asam yang ada pada saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau kurang sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernapasan dan keluar melalui rongga mulut.

8. Kopi
Kopi juga merupakan salah satu peyebab munculya bau mulut. Keasaman dan enzim alami yang ada pada kopi menyatu dengan air liur yang ada pada mulut sehingga menyebabkan mulut beraroma tak sedap.

9. Rempah-rempah
Rempah-rempah biasanya akan tercium aroma yang kuat ketika akan dikonsumsi dan biasanya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah yang kemudian dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Biasanya hal ini bisa menjadi faktor bau mulut dan juga bau badan. Contoh beberapa makanan berjenis rempah-rempah tersebut yakni bawang putih, bawang merah dan kari.

10. Permen Mint
Permen mint merupakan salahsatu makanan yang dipercaya bisa membuat napas menjadi lebih segar. Namun ternyata permen mint bisa semakin memperparah terjadinya bau mulut. Ketika dikonsumsi, memang permen mint membuat aroma dan napas menjadi lebih segar. Namun hal tersebut akan hilang seiring dengan habisnya permen dan bisa membuat napas bau, apalagi bila sebelumnya mulut sudah halitosis.

Itulah 10 makanan penyebab bau mulut yang jarang diketahui. Jika anda tak ingin mengalami bau mulut sebaiknya perhatikan jenis makanan yang anda makan. Namun, tak perlu terlalu khawatir karena ada beberapa tips dan cara mengatasi bau mulut yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Sehingga meskipun anda mengkonsumsi makanan yang memicu timbulnya bau mulut, namun anda bisa segera mencegah atau mengatasi bau mulut tersebut.

20 komentar

akhirnya gara-gara mulut admin yang bau sangat...akhirnya Iklan Google AdSense nya monconot di blog keren ini....
selamit, selamut, selamot, selamet, selamat ya mang

Bau dikit doang kok mang hehehe...
itu mah iklan GAnya mas yanto mang, biar blog saya keliatan keren aja ada iklan GAnya kayak orang-orang gituh :D

emmm, kiraen iklan mas marnes sih, tapi di saya punya dua akun mah satu indo satu usa, kalo mas marnes mau biar nak kasih yang usa nya ke mas marnes :D

emm makanan yang khas khas markotop semua nih, dampak nya bisa bau mulut ya hadeuh :D

mesti kurangin kopi, bawang putih sama produk susu neh untuk menjaga kesegaran mulut saat puasa.. sebab ketiga produk makanan dan minuman tsb sering saya konsumsi.

Rajin periksa gigi dan mulut, dan jangan lupa gosok gigi setelah makan. Aapalagi bulan puasa kayak gini.

begitu juga dengan saya kang, terutama kopi dan rokok tuh dua sejoli yang susah untuk dipisahkan :D

betul banget kang, harus rajin merawat dan menjaga kesehatan gigi salah satunya

yang penting jangan berlebihan aja makannya mas, lagi pula gak perlu terlalu khawatir kan udah banyak cara utuk mengatasi penyebab bau mulut

kalo dari suku sunda ada gak mas? :D

itu nti yg dpt komisi dri GA kang yanto nya atau kang marnes, kang? enak juga ya. bisa gtu rupanya ya kang.

cara mengatasi bau mulut gampang kok :D
caranya begini : buang uap udara mulut hingga hilang bau nya, usahakan jgn menghirup udara saat dibuang baunya. lakukan secara berulang-ulang!

demikian cara mengatas bau mulut, semoga dapat dilakukan dgn baik. :D :D

klo udh jadi sahabat gtu, wah ya bener susah misahinnya kang. kecuali ad org ketiga bru bisa misah tuh kang. #ehhh

kumur-kumur juga perlu kang haris.. jd biar kuman dan bakteri gak nempel di lubang gigi. iyaa gtu kan kang marnes? :D :D hahahaa

selain makanan diatas perlu dikurangi/dihindari agar tdk bau mulut, makanan diatas jg dpt menyebabkan bau gas dan bau keringat. iyaa loh beneraan :D

yah buat mas yanto neng, paling saya mah minta buat jatah preman ajah :D

terimakasih atas masukannya neng, barangkali cara ini bisa dicoba untuk mengatasi bau mulut :D

pihak ketiganya ini yang belum nemu neng :D

iya neng beberapa makanan di atas juga dapat menyebabkan bau badan


EmoticonEmoticon