Inilah 10 Film Serial Barat yang Bikin Baper Generasi 90'an

Begitu banyak program TV yang telah kita saksikan hingga saat ini. Begitu variatif-nya tayangan tersebut sehingga kita terkadang dibuat bingung mau nonton yang mana. Tak sedikit pula hanya demi ratting dan share beberapa program TV terkesan memaksakan dan keluar dari kaidah tayangan yang layak ditonton (positif). Sehingga tak jarang beberapa stasiun TV yang masih menayangkan tayangan yang ‘kurang bermutu’ mendapatkan peringatan keras dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Akan tetapi, saya tidak akan membahas tentang masalah itu. Karena ada yang lebih ahli yang berhak menganalisis tayangan mana saja yang layak ditonton dan mana yang tidak.

10 film serial barat era 90-an, serial tv barat jadul yang populer di tahun 1990an


Kali ini saya ingin mengajak sobat Marneskliker untuk sejenak flashback, mengenang kembali beberapa film serial barat yang sempat populer pada tahun 1990-an. Beberapa diantaranya mungkin masih bikin baper hingga saat ini. Dan berikut ulasannya!

1. Knight Rider (1982 - 1986)

film serial barat era 90-an, knight rider
Film serial barat 'Knight Rider' [image by google]

Setiap nonton serial ini, pasti yang ada di bayangan generasi 1990’an adalah mimpi memiliki mobil yang sama. Bisa jalan sendiri, bisa dipanggil lewat jam tangan, dan yang terpenting bisa bicara. Ah, segala kenangan indah tentang si Kitt, mobil canggih milik David Hasselhoff dalam serial Knight Rider memang selalu terpatri indah.

2. The A Team (1983 - 1987)

The A-Team adalah serial televisi aksi petualangan komedi yang mengisahkan tentang sekelompok mantan anggota Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika yang bekerja sebagai tentara bayaran, sementara itu mereka selalu melarikan diri dari pengejaran pihak Polisi Militer.

film serial barat era 90-an, the a-team
Film serial barat 'The A Team' [foto: nexusmods.com]

Adapun pemeran utama serial ini diantaranya adalah George Peppard (01 Oktober 1928 dan wafat pada tanggal 08 Mei 1994) memerankan sang boss Kolonel John "Hannibal" Smith. William Dwight Schultz (24 November 1947) memerankan Kapten "Howling Mad" Murdock, seorang kapten pesawat yang handal namun memiliki masalah pada kewarasannya. Dirk Benedict (01 Maret 1945) memerankan si Templeton "Faceman" Peck. Mr. T (21 Mei 1952) memerankan tokoh B.A ‘Bad Attitude’ Baracus yang memiliki postur berbadan besar tapi paling takut naik pesawat dan paling sering ribut dengan si Murdock.

3. Airwolf (1984 - 1986)

film serial barat era 90-an, airwolf
Film serial barat 'Airwolf' [foto: hulu.com]

Satu lagi serial tv di era 1990’an yang masih teringat jelas. Apalagi kalau bukan Airwolf. Serial yang menampakkan kecanggihan helikopter hitam tersebut dibintangi oleh Jan Michael Vincent sebagai Stringfellow Hawke dan Ernest Borgnine sebagai Dominic Santini. Sayangnya, di kehidupan nyata, nasib tidak beruntung dialami oleh Jan Michael. Karena kecanduan alkohol, hidupnya menderita.

4. MacGyver (1985 - 1992)

Siapa yang tak kenal tokoh yang super cerdik ini? MacGyver adalah serial televisi asal Amerika Serikat yang diperankan oleh aktor Richard Dean Anderson. Serial ini mengisahkan tentang seorang pria bernama MacGyver yang bekerja untuk Phoenix Foundation dengan cara memerangi kejahatan tanpa menggunakan senjata api. Pengetahuan fisika dan kimianya yang luas selalu membantunya untuk merakit suatu alat untuk menaklukkan musuh-musuhnya. Selain itu ia juga sering memakai pisau lipat sebagai alat bantunya.

film serial barat era 90-an, macgyver
Film serial barat 'Macgyver' [foto: deadline.com]

Di Amerika serial ini ditayangkan antara tahun 1985 dan 1992. Di Republik Indonesia, MacGyver sempat diputar di stasiun televisi RCTI di Jakarta awalnya juga bersimultan oleh SCTV di Surabaya (sekarang pindah ke Jakarta) dengan dubbing dalam Bahasa Inggris dan teks terjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

5. Baywatch (1989 - 2001)

Untuk film serial yang satu ini saya yakin sudah tidak asing lagi khususnya buat para cowok. Pantai, perempuan seksi, dan konflik pertemanan menjadi bumbu utama dalam serial tv Baywatch. Sebagai formasi awal, serial ini diperankan oleh David Hasselhoff, David Charvet, Alexandra Paul, Yasmine Bleeth, Pamela Anderson, dan Erika Eleniak.

film serial barat era 90-an, baywatch
Film serial barat 'Baywatch' [foto: zap2it.com]

Baywatch mulai mengudara di Indonesia pertama kali di RCTI. Jam tayangnya adalah pukul 20.00, kemudian diubah jadi jam 17.00. Tapi karena banyaknya teguran dari masyarakat, film itu kemudian pindah jam tayang lagi menjadi pukul 22.00

6. Beverly Hills 90210 (1990 - 2000)

film serial barat era 90-an, beverly hills 90210
Film serial barat 'Beverly Hills 90210' [foto: desired.de]

Beverly Hills 90210 adalah sebuah serial televisi remaja dari Amerika Serikat yang mengudara pada tahun 1990. Pemeran utamanya adalah Jason Priestley dan Tori Spelling. Di Indonesia, serial Beverly Hills 90210 pernah ditayangkan di RCTI pada pertengahan tahun 1993.

7. Renegade (1992 - 1997)

film serial barat era 90-an, renegade serial tv
Film serial barat 'Renegade' [foto: google.com]

Bagi yang suka film bergenre semi petualangan, Renegade pasti masuk dalam daftar wajib tonton dulu. Menceritakan sosok polisi jujur yang difitnah melakukan kesalahan, Reno Raines yang diperankan secara apik oleh Lorenzo Lamas melakukan petualangan dengan menyamar. Tujuannya tetap untuk menumpas kejahatan.

8. The X-Files (1993 - 2002)

The X-Files adalah serial televisi terkenal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Chris Carter dan pertama mengudara di FOX TV pada 10 September 1993, dan berakhir pada 19 Mei 2002. Tokoh-tokoh utamanya adalah agen khusus FBI Fox Mulder dan Dana Scully yang menyelidiki berbagai kasus tak terselesaikan, dan diyakini bersifat paranormal.

film serial barat era 90-an, the x-files
Film serial barat 'The X-Files' [foto: presto.com.au]

Popularitas acara ini melonjak di pertengahan dekade 1990an, bahkan memiliki sebuah film layar lebar yang berlatar antara musim ke-5 dan ke-6, Fight the Future. Menurut majalah TV Guide, The X-Files adalah acara TV ke-2 terhebat sepanjang masa, setelah Star Trek.

9. Thunder in Paradise (1994)

Hulk Hogan memang seorang pegulat, tapi di sisi lain, dia juga aktor yang memiliki bakat luar biasa. Salah satunya dia tunjukkan saat berperan sebagai Randolph Spencer di film Thunder in Paradise. 

film serial barat era 90-an, thunder in paradise
Film serial barat 'Thunder in Paradise' [foto: vimeo.com]

Serial ini menceritakan tentang dua mantan anggota navy selas yakni Spencer dan Martin Brubaker yang berprofesi sebagai tentara bayaran untuk memberantas kejahatan. Aksi mereka didukung oleh perahu tempur berteknologi tinggi yang bernama Thunder.

10. Dawson’s Creek (1998 - 2003)

Dawson's Creek adalah serial televisi drama remaja Amerika yang menceritakan kisah fiksi kehidupan sekelompok sahabat karib dan persahabatan mereka yang sangat erat, mulai dari awal masuk Sekolah Menengah Atas sampai ke Perguruan Tinggi. Serial televisi ini dibintangi James Van Der Beek sebagai Dawson Leery, Katie Holmes sebagai sahabat sekaligus and sasaran cintanya Joey Potter, dan Joshua Jackson sebagai sahabat karib mereka Pacey Witter. Michelle Williams berperan sebagai Jen Lindley, anak baru yang pindah dari New York ke Capeside.

film serial barat era 90-an, dawson's creek
Film serial barat 'Dawson's Creek' [foto: mentalfloss.com]

Di Indonesia acara televisi ini sempat ditayangkan di televisi Indonesia melalui TPI pada 1999, dan ditayangkan ulang oleh Global TV pada tahun 2007.

Dan tentunya masih banyak lagi film serial TV era 90-an yang gak mungkin saya sebutkan semuanya. Bagaimana menurut anda, bagusan film jadul atau film-film (sinetron) yang sekarang?


Referensi: wikipedia

31 komentar

Yang menarik bagi saya untuk melihat itu yang pertama tuh mas Knight rider kayanya seru ya film nya mengisahkan seseorang yang mempunyai keinginan mobil yang bisa bicara dan bisa di panggil melalui jam tangan. kalau ada mobil seperti itu di indonesia pasti laku banget tuh :D

Filmnya seru tuh kang, kalo lagi kepepet dia biasanya manggil mobilnya sama seperti satria baja hitam yang suka manggil motor belalang tempurnya :D

MacGyver dan renegade tuh yg paling bagus menurut saya mas

satu lagi mas,film war berseri yg tentang perang usa vs uni soviet tuh lupa apa judulnya dulu ditayangin di tvri juga jam 12 san kalau nggak salah

keliatan banget kalau generasi lama nih

kalo film yang berbau komedi nan konyol saya suka the a team, kalo gak salah dulu ditayangin di RCTI setiap sore :D

yang pasti saya mah masih abegeh

kalau di tilik-tilik saya mirip dengan yang pake celana jin di film Dawson's Creek kan?

kalo saya mang MacGyver itu yang paling sering nonton mah :D

baper bawa perih mang sepertinya :D

baper itu sodaranyan lemper kayaknya :D

ditilik-tiliknya dari atas monas yah kang pake sedotan pula lagi :D

The A Team, Mc Gyver dan Baywatch film favorit sayah waktu masih abegeh atuh da... jadi bernostalgia sayah teh kang...

Mcgyver itu tetangga sayah, tukang betulin pompa air tauukk..

berarti macgyver udah alih profesi kali kang

sekarang mah udah tua kan? ngaku deh :D

kalo saya sih jarang nonton film barat kang, dulu sih kata orang tua mah pamali belum waktunya jadi nontonnya anime terus :D

padahal ada juga yang tidak terlalu vulgar, tapi film diatas kayaknya lebih dominan yang vulgar deh :D

semua film diatas mas...belun pernah saya lihat...lebih suka nonton seri tuyul dan mbak Yul...

Kalau film jadul mah saya sukanya film warkop kang, soalnya waktu itu lagi seru serunya. Kalau film barat seperti kurang deh kang.

apalah daya yang lahir tahun 96 cuma bisa nikmati tahun 2000an belum paham tahun 90an

Baywatch, beverlyhills and The X-File....favorit sy tu...masih ada 1 lg yang versi mitology yunani Haercules The Journey....

Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini
Peluang menguntungkan, gak perlu keluarin biaya banyak Di Dominobetqq
merefrensikan teman dapet bonus dan bonus Refferal 20% seumur hidup
Mini D3p0 10Rb
Mini Wd 25Rb
PIN BBM : 7B72C6E1
WA : +855968124428
Link Daftar : goo.gl/Xc1WWA


EmoticonEmoticon