7 Amalan yang Dianjurkan di Bulan Suci Ramadhan

Tags

Amalan yang Dianjurkan di Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Bagi umat Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan suci karena di bulan Ramadhan ini berbagai hal dapat menjadi pahala, bahkan tidurnya orang yang berpuasa di bulan ramadhan pun menjadi pahala. Oleh karena itu, janganah sia-siakan bulan suci Ramadhan karena belum tentu kita dapat bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya, umur siapa yang tahu sebab hanya Allah SWT yang mengetahui jumlah umur kita. Baca juga: Jangan Remehkan Amalan Ringan!

Di bulan suci Ramadhan, sebaiknya manfaatkanlah waktu dengan semaksimal mungkin. Walaupun tidur dapat menjadi pahala bagi orang yang berpuasa tetapi bukan berarti kita hanya tidur saja karena tidur itu merupakan perumpamaan terendah. Jika tidur saja mendapatkan pahala, bagaimana jika melakukan amalan ibadah sesuai sunnah Rasul, tentu memiliki nilai yang lebih baik kan? 

Perintah puasa di bulan Ramadhan berdasarkan Al Qur’an dan saya yakin hampir sebagian besar orang sudah mengetahuinya bahwa puasa Ramadhan diperintahkan hanya untuk orang-orang yang beriman, maka ketika ada seseorang yang tidak berpuasa itu artinya orang tersebut tidaklah beriman. Dalil yang menyatakan kewajiban berpuasa Ramadhan disebutkan dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

amalan yang dianjurkan di bulan ramadhan, amalan sunnah rasul

Selain berpuasa yang memang sudah menjadi kewajiban bagi kita selaku umat Islam, beberapa amalan pun juga perlu diterapkan, agar nantinya bisa menambah suasana di bulan Ramadhan terasa lebih indah. Sehingga beberapa amalan tersebut bisa menjadi jalan untuk kekhusu’an anda dalam menjalani semua kegiatan selama bulan Ramadhan. 


Beberapa amalan tersebut pada dasarnya memang bukan suatu hal yang wajib. Namun anjuran Rasulullah SAW agar seluruh umat islam bisa menjalankan amalan tersebut. Sebab hal demikian menjadi kesempatan bagus untuk menyempurnakan pahala dan keimanan anda. Bahkan hal ini juga bisa menjadi jalan untuk menggapai ridho dari Allah SWT. Berikut ini beberapa amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW di bulan suci Ramadhan.

1. Memperbanyak sedekah
Memperbanyak sedekah memang salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, dimana menyedekahkan sebagian harta yang anda miliki adalah suatu hal yang mulia. Karena rezeki yang anda sedekahkan di bulan suci Ramadhan akan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT, tentunya pemberian tersebut disertai dengan niat yang tulus dan ikhlas. Rasulullah SAW menganjurkan agar umat muslim memperbanyak sedekah terutama di bulan suci ramadhan, ini berdasarkan sabda beliau yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA. 

2. Mendirikan Shalat tarawih berjamaah
Sholat tarawih adalah suatu ibadah sunnah yang biasa dikerjakan di bulan suci Ramadhan, namun mendirikan sholat tarawih dengan berjamaah adalah salah satu anjuran Rasulullah SAW kepada seluruh umat muslim. Yang mana anjuran tersebut berdasarkan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Muttafaqun Alaih dari Aisyah RA.

3. Membaca Al Qur’an (Tadarusan)
Melakukan tadarus Al Qur’an juga merupakan kegiatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Apalagi amalan tersebut dikerjakan saat bulan Ramadhan. Oleh karena itu memperbanyak bacaan Al Quran di bulan Ramadhan juga merupakan kegiatan yang sangat mulia. Untuk itu, isilah waktu luang anda dengan memperbanyak bacaan Al Quran. Sehingga di bulan yang penuh berkah ini dapat anda jadikan sebagai momentum untuk lebih meningkatkan ketaqwaan dan keimanan anda.

4. Memperbanyak I’tikaf di masjid
I’tikaf menurut istilah syar’i adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Anjuran ini berdasarkan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Muttafaqun Alaih dari Aisyah RA. Abu Sa’id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah beri’tikaf pada awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sayangnya, ibadah ini dianggap berat oleh kebanyakan orang Islam, jadi sedikit yang mengamalkannya. 

5. Menghidupkan malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Berdasarkan pendapat para ulama, malam Lailatul Qadar terdapat pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, tepatnya pada malam ganjil. Pada malam-malam tersebut alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti memperbanyak do’a, mendirikan sholat malam dan amalan lainnya (Baca: 5 Amalan Utama Saat Malam Lailatul Qadar).

6. Memperbanyak istighfar pada malam akhir Ramadhan
Meminta pengampuanan pada malam akhir Ramadhan juga salah satu amalan yang sangat penting. Karena pada malam tersebut akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hamba Allah SWT yang meminta pengampunanNya. Hal tersebut sesuai dengan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Baihaqi dan Al Bazzar.

7. Melaksanakan ibadah umroh
Melaksanakan ibadah umroh di bulan suci Ramadhan merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW. Yang mana ibadah umroh di bulan Ramadhan pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji. Sehingga ada baiknya jika anda melakukan ibadah umroh saat bulan suci Ramadhan tiba.

Demikian postingan tentang 7 Amalan yang Dianjurkan di Bulan Suci Ramadhan, semoga bermanfaat dan semoga kita semua dapat mengamalkannya, Amiin...

18 komentar

Amalan yg terakhir itu loh kang, pengenn. tpi belum mampu :(

Saya pengen banget kang mendapatkan malam lailatul qodar tapi sepertinya harus dibarengi ibadah yang rajin dan juga sabar untuk mendapatkanya.

Untuk bisa meraih semuanya perlu niat dan semangat ekstra keras kang, karena kadang kita disibukan oleh kegiatan lain yang sulit kita tinggalkan.

menabung dulu aja kalo gitu neng

yang terpenting adalah berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita kang, perkara dapat tidaknya malam lailatul qadar saya tidak ada yang bisa mengetahuinya makanya dianjurkan untuk meningkatkan amalan-amalan di bulan ramadan

iya betul kang harus ada niat yang sungguh-sungguh dan ikhlas dalam menjalankannya

kurangi beli kuotanya neng...perbanyak nabung...

poin satu sampai enam mas...sesatu ibadah yang murah tanpa banyak modal tetapi besar manfaatnya , namun gampang gampang susah ....kalau poin tuju tunggu nanti kalau banyak duwit

poin tiga mas lebih suka mengkaji ketimbang membaca...alasanya AlQuran adalah kitab yang tersurat, tetapi dibalik ayat-ayat yang tersurat ada sebagian yang tersirat...

kebanyakan lebih penting beli kuota ketimbang nabung untuk umroh....ngaku aja..iya...kan?

iya kan setelah kita membaca lalu kita kaji dan pahami apa yang terdapat dalam Al Qur'an kemudian kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, iya toh

saya kok jd di bully, huhu hikss :(
iya kang sebulannya kdng beli kuota smpe 2 kartu :( boros streaming kang sm download/update :(

Rindu nih bisa iktikaf dimasjid pada 10 hari terakhir karena sangat dianjurkan hanya belum terlaksana.Izin follow blognya mas

monggo mas, terimakasih atas follownya :D

Makin banyak amal kebaikan di bulan ini, insyaAllah makin banyak pula bekal yang akan kita bawa saat menghadap Yang Mahakuasa, ya, Mas.
Semoga kita bisa mengamalkan semuanya. Khusus yang terakhir, semoga dianugerahi kesempatan untuk umrah atau haji ke tanah suci. :)


EmoticonEmoticon