Tujuan dan Manfaat Analisa Sidik Jari Anak Bagi Orang Tua

Tujuan dan Manfaat Analisa Sidik Jari - Pada dasarnya pengenalan bakat dan minat anak telah dikenal dalam dunia psikologi. Salah satunya melalui tes penelusuran minat dan bakat atau yang dikenal dengan nama psikotes. Namun, psikotes bukanlah satu-satunya metode yang digunakan untuk menelusuri minat dan bakat anak. Masih ada metode lain untuk melakukannya, salah satunya adalah metode Analisa Sidik Jari atau Finger Prints Analysis yang telah dilakukan oleh TK Bina Insan Mandiri bekerja sama dengan Unique Fingerprint Bintaro pada hari Kamis, 3 Maret 2016 kemarin. 

tes analisa sidik jari anak, manfaat analisa sidik jari anak bagi orang tua

Analisa sidik jari atau Finger Prints Analysis adalah metode pengukuran dengan pemindaian (scanning) sidik jari anak untuk mengetahui gaya bekerja otak yang paling dominan dalam kaitannya dengan potensi bakat, motivasi, karakter dan gaya belajar anak. Analisa sidik jari didasari penelitian dan metode yang ilmiah yang bersifat analisis deskriptif atau perkiraan potensi bakat yang dimiliki seseorang dan pengembangannya di masa depan.

Pakar bidang ilmu dermatologi dan neuroanatomi telah menemukan fakta penelitian bahwa pola sidik jari bersifat genetis dan telah muncul ketika janin dalam kandungan berusia 13-24 minggu. Pola guratan-guratan kulit pada sidik jari ternyata diketahui memiliki keterkaitan dengan sistem hormon pertumbuhan sel pada otak. Kerena itu, para pakar berasumsi adanya bukti ilmiah yang menunjukan keterkaitan antara sidik jari dengan kualitas, bakat dan gaya seseorang.

Apa Tujuan dan Manfaat Analisa Sidik Jari Anak Bagi Orang Tua?

Tujuan tes analisa sidik jari yaitu untuk mengetahui potensi genetik (nature) seseorang, dengan cara mengetahui peta fungsi-fungsi bagian otak manusia, sehingga dapat diketahui:
  1. Sensitifitas daya tangkap seseorang atas informasi yang dia terima melalui panca indera, dan bagaimana otak memprosesnya.
  2. Kecenderungan daya respon seseorang atas informasi dan stimulasi yang telah ia terima dan bagaimana otak memprosesnya dalam bentuk tindakan.
  3. Gaya berfikir yang paling dominan berdasarkan belahan otak kanan - otak kiri (brain hemisphere), dan mengungkap kecenderungannya dalam proses pengambilan keputusan.
  4. Komposisi distribusi pada fungsi-fungsi bagian otak, sehingga diketahui daerah stimulasi mana yang paling sensitif pada bagian otak: frontal lobe, parietal lobe, occipital lobe, atau temporal lobe, dan dikaitkan dengan kecenderungan skill seseorang.
Manfaat yang dapat diambil dari analisa sidik jari anak bagi orang tua adalah:
  1. Mengenal potensi dasar yang dimiliki oleh anak, termasuk karakter kepribadian dan gaya pengambilan keputusan dan tindakan.
  2. Mengenal potensi peta kecerdasan anak.
  3. Mengetahui potensi kelemahan, kecenderungan dominasi fungsi-fungsi bagian otak, dan kecenderungan karakter serta kaitannya dalam membina komunikasi dan relasi dengan orang lain.
  4. Sebagai referensi dalam menganalisa si anak serta membuat perencanaan kehidupan dan masa depan yang lebih efektif bagi anak.
  5. Menentukan masa depan secara lebih terarah, pendidikan yang paling efektif, dan karir yang paling potensial untuk ditekuni.
Penggunaan metode sidik jari dimaksudkan untuk membantu para orangtua lebih mudah dalam memahami potensi tersebut. Dengan mengenali bakat anak lebih dini, orangtua lebih mudah dalam memberikan stimulus dan pengarahan yang tepat.

tes analisa sidik jari anak, manfaat analisa sidik jari anak bagi orang tua

Dengan memahami potensi bakat anak, orangtua dapat mengetahui cara terbaik yang dapat dilakukan anak dalam belajar. Selain itu, bakat anak yang menonjol juga dapat dikembangkan dengan tenaga dan biaya, serta dalam waktu yang lebih efisien.

Selain metode analisis sidik jari, ada beberapa metode lain untuk mengukur kepribadian seseorang, yakni metode psikometri yang mengukur kondisi psikologis seseorang dari aspek perilaku yang dimunculkan. Misalnya, tes IQ, tes bakat minat, tes kepribadian, grafologi, dan tes gambar. Baca juga: Pentingkah Pemeriksaan Psikologis Terhadap Anak Usia Dini

24 komentar

aku baru tahu loh anak2 udah dikenalkan ama sidik jari macam begini mas...

Dengan melakukan analisis sidik jari, jadi orang tua bisa mengenal dan mengetahui potensi serta bakat si anak, sehingga para orang tua bisa membimbing dan mengarahkan potensi tersebut. ini menarik mas...selama ini banyak orang tua tidak bisa mengetahui potensi anaknya, dan parahnya lagi kebanyakan orang tua cenderung memaksakan kehendaknya untuk menjadikan anaknya sesuai keinginan orang tua tanpa memperdulikan bakat dan potensi si anak itu sendiri..

Jadi setelah tahu sidik jari seseorang kita bisa tahu pola berfikirnya mas.

memang slah satu hikmah yang bisa kita ambil dari analisa sidik jari anak bagi orang tua Menentukan masa depan secara lebih terarah, pendidikan yang paling efektif, dan karir yang paling potensial untuk ditekuni ya mas, :)

benar sekali mas sony, seperti penjelasan diatas atuh :)

sering mari toh mb biar dapat update

saya kayaknya melihat oto yang sama yah mas, mungkin yang punya blog mas juga yah.

untung saya teh maen kesinih jadi tau deh tuh kalau besok si troy ngasih tau bakalan ada sidik jari di sekolahnya, kan...kan saya mah nya udah tau duluan maksud dan tujuannya.
cerdik kan saya ya

lagian pake segala perhatiin banget sih...

bhah.....baru tauuuu...?
hadeuuh

Sebelumnya mohon maaf nih kang kunjungannya telat, terlalu sibuk sama kerjaan jadi baru sempat buka blog..

Ternyata dari sidik jari seorang anak dapat dianalisa untuk mengetahui potensi dasar anak tersebut dan untuk pengembangan lebih lanjut ya mas? jaman saya dulu belum ada sidik jari mas

Ucapin terima kasih banyak-banyak dong Kanggg jangan sedikit atuhhh.

iya mbak sama , aku juga baru tau kalau udah di kenalkan sama anak2


EmoticonEmoticon