Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Saat Anda Tidur

Menurunkan berat badan membutuhkan perhatian dan komitmen bagi orang yang peduli dengan kesehatan. Ketika masih muda, mungkin anda masih memiliki stamina yang cukup untuk berolahraga menghabiskan banyak keringat agar dapat membakar kalori sebanyak mungkin. Namun ketika anda sudah mencapai usia pertengahan, olahraga yang banyak mengandalkan kekuatan fisik tentu menjadi sangat berisiko, sehingga anda mulai mencari berbagai alternatif untuk membantu membakar kalori.

cara mudah turunkan berat badan saat tidur, tips menurunkan berat badan tanpa olahraga
Cara memaksimalkan pembakaran kalori tubuh pada saat tidur [foto: newswanda.com]

Salah satunya adalah dengan cara memaksimalkan pembakaran kalori tubuh pada saat anda tidur. Mungkin banyak yang tidak percaya bahwa anda dapat membakar kalori lebih banyak saat anda tidur. Studi terbaru telah menemukan bahwa ada orang-orang dengan bakteri usus yang sehat, dapat membakar kalori lebih banyak pada malam hari tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam ditempat fitness atau juga menjaga diri dari diet ketat. Baca juga: Tips Hilangkan Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Sebuah tim peneliti dari University of Iowa, di Amerika Serikat, mengatakan dalam sebuah riset teraktual mereka, bahwa perubahan tidak sehat pada bakteri usus dapat memicu bertambahnya berat badan seseorang. Dalam studi lain yang serupa, para peneliti menemukan tidur sub-par bisa melemahkan penurunan berat badan sebanyak 55 persen. Menurut ahli gizi Neha Chandna, seperti dilansir dari situs Times of India, “beberapa jenis bakteri sehat dalam usus, dapat membantu untuk menurunkan berat badan dengan mengubah cara metabolisme makanan, berdampak pada resistensi insulin, dan mengurangi hormon nafsu makan”. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan efek bakteri sehat dalam membantu menurunkan berat badan saat anda tidur :

1. Makan malam lebih awal
Makan porsi kecil, dan jangan makan pada jam larut malam. Berikan jarak waktu antara makan dan jam tidur.

2. Masukkan daging dalam menu diet
Menurut para ahli Tryptophan, asam amino yang ditemukan di sebagian besar daging, memiliki efek menginduksi tidur yang kuat. Bahkan memakan beberapa ons daging cukup untuk meningkatkan jam tidur nyenyak dalam diri seseorang.

3. Makanan mengandung lada (merica)
Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu cara yang paling efektif membakar lemak adalah terdapat kandungan merica/lada dalam makanan yang anda konsumsi. Kandungan lada/merica di dalam makanan bakal memicu proses pembakaran lemak di usus besar saat kita tidur.

4. Konsumsi protein jelang tidur
Memiliki protein sebelum anda pergi tidur dapat meningkatkan metabolisme. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi snack malam yang didalamnya termasuk 30 gram whey protein kasein atau memiliki peluang tinggi melakukan metabolisme pencernaan (BAB) keesokan harinya ketimbang dengan tidak memakan apa-apa saat malam. Protein lebih thermogenic ketimbang karbohidrat atau lemak, yang berarti tubuh anda membakar lebih banyak kalori saat mencernanya.

5. Khasiat mencium aroma mint
Mint dikatakan memiliki kekuatan untuk membuat anda menurunkan berat badan. Ciumlah aroma mint setiap jam atau oleskan bantal anda dengan beberapa tetes minyak peppermint untuk efek mengejutkan tersebut.

6. Tidur dalam kesejukan
Suhu dingin atau sejuk akan meningkatkan efektivitas sel-sel kita yang menyimpan lemak cokelat, yang membuat anda hangat, sehingga dapat membantu membakar lemak yang tersimpan di perut anda. Jadi, buatlah ruangan dan kamar tidur anda lebih dingin/sejuk dan lihatlah efeknya pada lemak perut anda setelah penyesuaian sederhana ini. 

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan efek bakteri sehat dalam membantu menurunkan berat badan pada saat anda tidur.

37 komentar

Kalau tidurnya sebelahan sama yang difoto mungkin bisa kurus gan. Soalnya bikin lupa makan Wkwkwkwkwk

Makan malam dan terlalu banyak ngemil di malam hari memang bisa membuat lemak ditubuh kita betambah.

Pastinya gitu gan, masalahnya pasti ndak mau beranjak dari tempat tidur dan lupa makan. wkwkwk.

ow ,,,, jadi bgini toh ,,,, yg enak mah makan daging mas ,hehe

Kalu mau tambah berat badan bagaimana, tapi sambil tidur sob.

ternyata dgn tidur juga bisa menurunkan berat badan ya kang :D ....

makan dulu yang banyak sebelum tidur kalo gitu :D

Kalau lagi laper dan pengen diet terus dibikin tidur supaya enggak makan juga bisa jadi kurus juga kan..

Lebih suka merhatiin orang yang lagi tidur ,,,,tuh di atas...

Poin nomer 6 mas yang sering sy lakukan....karana tidur dalam ruangan sejuk berAC sangat nyaman ...yang jelas semriwing gitu lho...

mendingan pilih poin no enam saja saya mah kang, gampang enteng dan yakin bisa banget saya lakukan.

soal tidur dalam kesejukan mah...cemen dah

semoga saja bisa tidur sebelahan dengan adminnya aja

Wah baru tahu nih gan trnyata sblm dr harus konsumsi makanan tertentu supaya bisa langsing! Mksh

Berarti sy yg belum pernah tdr di ruangan AC apa nggak masuk angin gan!

ini tips yg berguna, cocok dg kondisi badan yg mulai membengkak :)
klo tidur dengan model diatas, kalori tambah banyak terbakar kang

Kalau saya sih Kang perasaan cukup aja dah dengan berat yang ada pada saat ini..tinggal perut doang nih rada-rada ada GUNUNGAN dikittttt...hahahahayyyy

beberapa hal di atas mungkin akan mudah nes di lakukan. cuma tidur dalam kesejukan itu yang susah. mungkin kita pasang ac kan itu juga tidak alami, jadi kita mungkin harus bangun rumah yang memang dekat dengan lingkungan pegunungan kali ya. kalau nomor 1 sampai 4 kayaknya mudah nes. dan ini perlu untuk orang seperti saya. masalahnya sekarang badan saya makin gemuk bro. heee

nah itu kalau yang gak terbiasa tidur di ac kan repot juga. bahkan ada juga beberapa orang yang alergi dengan ac, alias kalau kena ac langsung pilek dan bersin-bersin. gimana tuh gan?

dah tau mang maunya situ...
kalau sendiri terus tidur dingin mah ngenes juga kali ya kang? heheheheee

yang penting pola makan harus dijaga dan kurangin makanan berlemak.
tapi tetep harus tahu dulu jenis makanan yang berlemaknya

nah untuk yang atu ini saya belum melakukan penelitian mbah, harus bertapa dulu kayaknya :D

kalo perut lagi laper saya malah jadi susah tidur mas :D

harus tambah rajin olahraganya tuh bang biar perutnya gak menggunung :D

sama mbah, badan saya juga perutnya makin kedepan kayaknya nih :D

Thanks untuk tips nya oe langsung nyoba dah.

Ga sulit juga sih kalau dibaca dan hampir bisa kita lakukan, tapi sayangnya tidak mudh untuk didisiplinkan

no 1 yang paling susah biasanya abis makan langsung ngantuk bawaanya pengen langsung tidur wkwkwk

Untuk Makan Daging mungkin harus lebih diperinci Kang, saya sih pernah bacanya tntang daging sapi, kalau tidak salah cuma bagian paha klaau yg diperbolehkan saat melakukan program menurunkan berat badan mah. :)
wallahualam bishawab


EmoticonEmoticon