Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia

Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
MarnesKliker.com - Setelah sebelumnya saya membahas mengenai Minuman Energi Kratingdaeng, yakni salah satu jenis minuman berenergi yang aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kali ini saya akan membahas salah satu kegiatan karya wisata yang diselenggarakan TK Bina Insan Mandiri Jakarta dengan mengadakan karya wisata ke Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jika sobat and sobit lagi jenuh dengan suasana laut dan gunung, coba telusuri tempat wisata lain yang dapat bisa jadi alternatif jalan-jalan anda, berkunjung ke kebun binatang bisa jadi pilihan yang menarik dan menyenangkan akan tetapi para binatang disana terkurung dalam kandangnya masing-masing dan ini tentunya jadi kurang ekspresif. Jika demikian, sobat and sobit coba lirik tempat wisata lain yang lebih menantang, yups…. Taman Safari Indonesia adalah jawabannya. Baca juga: Liburan ke Taman Wisata Air Panas Guci - Tegal
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Kegiatan karya wisata ini merupakan salah satu agenda dalam memenuhi program akhir tahun pelajaran 2014/2015. Dimana TK Bina Insan Mandiri mengadakan kegiatan karya wisata dengan mengambil tempat wisata di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor. Sebenarnya ada 2 opsi tempat wisata yang ditawarkan pihak sekolah yaitu Pelita Desa dan Taman Safari Indonesia.  Namun setelah dilakukan voting pada rapat POMG, TSI inilah yang mayoritas dipilih oleh wali murid sebagai tempat wisata yang akan dikunjungi pada akhir tahun pelajaran 2014/2015 ini. Obyek wisata Pelita Desa sendiri juga pernah dikunjungi ditahun sebelumnya. Adapun pelaksanaan karya wisata tersebut telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Rabu, 8 April 2015. Baca juga: Kunjungan ke Dapur McDonald's Joglo
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
Sekedar informasi yang saya kutip dari Wikipedia, Taman ini sebenarnya terletak di tiga lokasi. Taman Safari Indonesia I berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Sedangkan Taman Safari Indonesia II terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten pasuruan, Jawa Timur. Selain itu ada juga Taman Safari III di desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Provinsi Bali.

Taman Safari Indonesia I dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif. Taman ini menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman ini terletak pada ketinggian 900-1800 meter diatas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.

Taman ini telah ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu. Lebih jauh, taman ini juga telah diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, pada tanggal 16 Maret 1990.
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
Taman Safari Indonesia memiliki koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa lokal, seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, Harimau Putih, Gajah, Anoa dan lain sebagainya. Fasilitas yang terdapat di Taman Safari Indonesia yaitu bus safari, danau buatan, sepeda air, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, kuda tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, children's play ground, bom bom car, rumah hantu, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari.
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
Pemilihan tempat di Taman Safari merupakan salah satu bentuk kegiatan karya wisata untuk mengenalkan para anak didik melakukan pengenalan langsung terhadap binatang-binatang dan aneka satwa lainnya. 
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
Kegiatan ini tentu saja di sambut antusias dan kegembiraan dari para anak didik TK Bina Insan Mandiri ini. Mereka sangat menikmati pemandangan disekelilingnya bahkan suasana dalam mobil begitu riuh dengan suara teriakan anak-anak sambil menyebut nama binatang yang terlihat oleh mereka, mulai dari ketika anak-anak melihat harimau, zebra, onta, badak, buaya dan sebagainya. 
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
Dengan membeli tiket masuk seharga Rp. 140.000,- per orang kita akan mendapatkan fasilitas safari tour selama 45 menit, berkunjung ke 7 exhibits area, menonton 9 Pertunjukan, berkunjung ke air terjun dan menikmati 21 wahana permainan.

7 Exhibits area, diantaranya adalah:
  1. Baby Zoo
  2. Kubah Burung
  3. Taman Buaya
  4. Komodo Dragon Exhibits
  5. Penguin House
  6. Primata Center
  7. Lorong Reptile
9 Pertunjukan antara lain:
  1. Elephants Show
  2. Various Animals
  3. Tiger Show
  4. Sea Lions Show
  5. Birds of Prey
  6. Dolphin Show
  7. Safari Theater
  8. Cowboy Show
  9. Globe of Death
21 Wahana Permainan antara lain:
Kereta Mini Baby Zoo, Gajah Terbang, Loly Swing, Speed Way, Bom Bom Car, Crazy Plane, Foam Ball, Rumah Hantu 3D Kevill Hill, Sepeda Layang, Mandi Bola, Angsa Terbang, Cartoon Train, Space Shuttle, Perahu Air, Flume Ride, Mocco Drop Z Force Tower, Pony Rodeo, Bumper Boat, Samba Baloon, Magic Bike, dan Sky Race.
Serunya Bertamasya ke Taman Safari Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
Perlu diketahui bahwa pemerintah Indonesia telah menganugerahi Taman Safari Indonesia dengan beberapa penghargaan, seperti Indonesia Green Award, Sapta Pesona Award, Best Indonesia Travel And Tourism Award dan Satyalancana Pembangunan Award.

160 komentar

ini wisata sambil memberi tambahan wawasan tentang berbagai jenis hewan kepada anak yamas.
taman safari ini mirip dengan taman safari diprigen jatim mas,tempatnya kang dede thea bekerja

tp koq saya tertarik sama gambar yg pake baju merah itu toh mas :D

taman safari sangat cocok untuk wisata keluarga, bisa memperkenalkan anak-anak kepada berbagai macam binatang dan menanamkan rasa peduli anak terhadap hewan peliharaan

iya mas tapi taman safari yang di Bogor katanya yang terbesar di Indonesia... Oh Kang Dede Thea bekerja di daerah Prigen toh :)

kalo begitu, yang pake baju merah jangan sampe lepas :D

iya mas cocok banget, selain bisa menikmati indahnya pemandangan yang natural sambil bersenang-senang bareng keluarga, juga sekaligus bisa memberikan edukasi buat anak-anak untuk mengenalkan langsung aneka satwa yang ada di Taman Safari ini

oke..oke... tuan rumah ngalah ajah

wah banyak juga ya yang bisa dilihat di Taman safari nuhun atuh kang sudah berbagi seakan berkunjung langsung kesana

Jujur saya belum pernah main ke Taman Safari ini mas, padahal dari tempat saya lumayan dekat (Cianjur) ...

Terakhir kali kesana harganya masih 120rb.. sekarang sudah naik ya... kalau sama tiket terusan berapa tuh mas...

aduh aku belum pernah ke taman safari, ceritanya sering denger dan seru sekali, khawatirnya jika aku main kesana takut banyak yang naksir xixixi..

eleuh gening orang sunda juga ya..

waktu jalan-jalan kemaren ngambil paket Rusa seharga Rp. 140.000,- paket terusan Rp. 40.000,-

ya gak apa-apa atuh teh kalo yang naksirnya orang-orang Arab mah secara disitu banyak banget pengunjung keturunan Arab, asal jangan ditaksir sama macan aja teh :D

Bukan banyak lagi kang, bejibun malahan, mo liat yang bening-bening juga banyak, ada kuda nil misalnya hehehee....

Blogger urang sunda seueur oge nya ari tos kapendak mah :D

wah kegiatan akhir tahun pelajaran nih kang :D, Selain liburan tentunya kegiatan ini sekaligus menambah wawasan anak2 tentang dunia flora dan fauna ya kang. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap akhir tahun pelajaran kang ? .

aduhh kasian banget s teteh, sama donk wkwkkwkww

aduh kang Yanto, ingat yang dirumah noh -_- :D

Klo ingin tau fauna apa saja yg terdapat di indonesia kayaknya taman safari tempat yg pas ya mas setelah ragunan

iya kang, selain agenda rutin akhir tahun pelajaran, ada juga jenis kegiatan karya wisata yang disesuaikan dengan tema program semester, misalnya kalo temanya profesi biasanya melakukan kunjungan ke Pemadam Kebakaran atau kantor Polisi...

Aku juga pernah kesana, jadi pengin kesana lagi

artikel baru ge 3 menit yang lalu, gegara koneksi lemot, pas kebuka di suguhin intro melodi ala sundaan yang metal gituh plus disuguhin gambar temen kang marnes lagi ngintipin mobil yang lewat noh.

ternyata taman safari indonesia telah di tetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman....
kegiatan membawa anak-anak ke taman safari memang penting untuk memberikan pengetahuan langsung mengenai binatang, tumbuhan, dan lain sebagainya.

banyak flora dan fauna yang bisa kita lihat dan dipelajari oleh anak-anak.

pasti senang juga bawa anak-anak ke sana. pasti lucu-lucu ekspresinya ketika melihat binatang yang jarang atau tidak pernah mereka lihat...

ku kira mas hary udah pernah kesana....taunya belum juga.
kalau saya sih kudu hati-kati kalau kesana...takut di taksir ama badak.
oh ya kalau kesana bawa pulpen sekalian ya....sapa tau ada orang utan yang minta tanda tangan. heeee

paket rombongan akan lebih murah kali ya mas?

abdi mah ngikut urang sunda boleh?
gak bayar lo ya.

yang bening banyak yang mrongos juga banyak ya....badak misalnya. heeee

iya mbah banyak banget yang bisa dipelajari oleh anak-anak

keren kan musik instrumennya, judulnya selat sunda (sundanese rock), gitarisnya orang Bogor juga tuh kang 'Dede Aldrian'....

pastinya mbah, kan dapet diskon...
kalo untuk umum minimal 50 orang diskon 7% (weekday), 5% (weekend & holiday), untuk sekolah minimal 25 siswa diskon 15% (weekday), 10% (weekend & holiday)

bukan maen antusias anak-anak mbah, ampe teriak-teriak kalo liat binatang yang mereka jumpai hehehe....

iya deh iya...biar Mang Lembu yang bayarin ya :)

itu poinnya mbah, biar anak-anak mengenal langsung tentang aneka satwa yang hidup di habitat aslinya

alah apa nih kang ubi ngeless.
yg dapet pertamax sapa coba?
week

betul mas.
tp nggak tau tuh sekarang dimana soalnya beliau kan udah lumayan lama vacuum ngeblog tuh

masak tertarik aja nggak boleh sih.kwkwk

koq ya sempet2nya sih mbah dinan melihat badak sampai kegiginya

kapan2 kalau kesana saya ikut mas
biar mas zach yg bayar

piont nya udah habis dimakan mentri kan

walopun rajanya pertamax, tetep ajah kalah kasep sama saya...sok, coba tanyain sama neng Santika geura.

instrumennya emang keren.
sayang....adminnya mah ngga

saya pesen vacumnya dong...buat ngevacum ubi.
bagus dan tahan lama jadinya...loch

Tinggal sebut anam Mas Zach aja mas, secara beliau kan yang punya kawasan :)

mobil saya pernah diseruduk zebra di situ kang.

sekarang mahal, jadi nggak pernah kesana lagi, hehe

siapa tau bisa mengecupnya kelak

gimana kalo kita juga miara macan?

mungkin di kira temennya kali kang, makanya diseruduk....meksudnya mau nyapa gitu

saya belum pernah pergi kesana kang, kasian kan saya....

pintu masuknya persis sama dengan yang ada di jawa timur lo mas

dulu berarti murah ya, tapi sekarang udah banyak perubahan mas jadi makin keren dan makin lengkap fasilitasnya

ya kapan-kapan coba deh berkunjung ke taman safari bogor mas

gerbangnya mirip dengan yang di pasuruan, masih saudaraan rupanya tamn safari ini.. kang dede tea tuh yg kerja disana :)

seru neh bisa tamasya, banyak wahana juga

bisa langsung hubungi mas yanto kang, yang penting bayar :D

gitu ya, berati masih sodaraan tuh

ya seru banget pastinya ditambah gratis lagi saya mah :D

sayamah baru tau ada sobat and sobit. hehehehe

tidak hanya anak didik yang antusias inimah mang marner juga antusias banget.

kang kalo gajah terbang kaya apa kang?

waduh kalau ngomongin kasep-kasepan saya klepek-klepek
apaan sih artinya kasep coba?

ogah ah
apaling juga bayarnya pake cipok basah

la trus selama ini kemana aja?
digoa gitu?

yang bikin kangen adalah macan putihnya

Wah binatang bebas berkeliaran gitu di jalan? Ckckckck...

Nanti ambil kamus dulu, suapa tidak nyasar di Taman Safari

Discon yang lebih besar ga ada ya mas ? Asala jangan satu kandang sama mancan ya....

Besok main ke Taman Safari lagi ah, lihat anak macan sudah besar akli ya mas ?

Satu yang tidak bisa dipelajari di sana mas sama anak-anak, seperti kasih makan buaya. he, he, he,

saya lebih antusias liat emak-emak yang pada teriak pas liat kuda-kuda jantan hahahaa....

itu mah cuma sebutannya doang mang, padahal mah permainan komedi putar ckckckck

yahh mas marnes gak ngajak , itu deket dari daerah saya mas hihihih,kali aja bisa ketemu gitu ya

Wahhh.. saya sudah ketinggalan buss :(

selain rekreasi,bisa juga menjenguk sodara kembarnya ya mas....hihihihi

tiketnya tak terlalu mahal ya mas, banyak fasilitas yang bisa dinikmati lagi.....kalau liburan udah pasti penuh ni mas

Bagus banget buat refreshing nih, alhamdulillah dulu juga pernah mengunjungi.

Memang terasa dekat dengan alam, makasih mas sungguhannya.

zebra kan yg biasanya ada dijalan depan sekolahan ya?

padaal lebih ganteng adminnya loh

gimana kalo naek onta aja mbak :D

bukan penuh lagi mas, bejibun banget malah....
apalagi kalo dah musim liburan sekolah, hari-hari biasa aja rame banget

hahaha....saya malah bingung sodara kembarnya yang mana mas, soalnya banyak banget, puas? hahahaaaa....

pasti, sudah tak diragukan lagi hahahaa....

itu zebra cross mang hehehee....

iya mas cocok buat refreshing apalagi bareng keluarga

oh biaya paket terusannya masih terjangkau, Kirain sudah sampai 200rb an mas

Wah, ada zebranya ya mas, saya belum pernah tu lihat zebra secara langsung :D

cross kan jenis balapan motor ya?
*tambah bingung

sewaktu belum dibangun taman malah gratis pasti

saya entar juga mau liat langsung
barca vs psg

wah, ketinggalan saya hikhikhikhik....

baru sekali saya Kang ke Taman Safarinya juga, jadi pengen liburan kesana lagi.. kemarin liburannya ke Ancol doang hehehe...

ngapain ke Ancol coba? sendirian?

bareng pacar kalo belum berkeluarga juga asyik
apalagi pacarnya bisa bicara sama macan

saya kembarannya harimau sumatera. keren kan?

naik daun pisang aja
siapa tau bisa terbang

iya, kayak di film tarzan kan maksudnya

mungkin maksudnya Tony Cross ya

sepertinya seru ya mas berlibur ke taman safari, tapi mahal amat tarifnya :3

kalo 140rb perorang berarti 10 orang aja dapet 1jta400 ya kang...
lumayan juga ya kang, saya mah kurang minat sama harganya :D

kalau dilihat dari fotonya, kayaknya seru nih.. saya belum pernah kesana..

selama ini kan sayah nungguin zebra kang.hahaha

lihat emak - emaknya sekalinya :)


EmoticonEmoticon