Raymond Sapoen, Capres Suriname yang Berasal dari Banyumas

Raymond Sapoen, Capres Suriname yang Berasal dari Banyumas
MarnesKliker.com - Beberapa hari terakhir ini, ada perbincangan yang cukup hangat dikalangan para netizen yang saya temui dibeberapa media sosial. Yaitu adanya kabar berita bahwa politikus Suriname yang bernama Raymond Sapoen, yang menjadi salah satu kandidat calon presiden di Negara itu merupakan seorang warga yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Saya adalah generasi ketiga. Saya punya catatan tentang leluhur saya, namun yang pasti adalah mereka berasal dari Banyumas. Saya tidak tahu persis apakah masih ada saudara, saya tidak punya kontak, saya perlu riset lagi,” ujar Raymond seperti dikutip dari BBC, 6 Februari 2015. 

"Aku tinggal di Suriname, anakku telu, lanang….Aku arep dadi presiden Republik Suriname, partaiku jenengane Pertjaja Luhur (anak saya tiga, saya mencalonkan diri jadi presiden dari Partai Pertjaja Luhur)," kata Raymond memastikan soal pencalonannya kepada wartawan BBC Indonesia, Endang Nurdin.

Meskipun sudah menjadi generasi ketiga yang menetap di Suriname, Raymond mengaku dalam kesehariannya terbiasa menggunakan bahasa Jawa. Ketika berbincang dengan orang tua dan ketiga anaknya Raymond berbicara dengan bahasa Jawa.

"Kami tidak menggunakan bahasa Indonesia, namun bahasa Jawa. Orang tua saya bicara bahasa Jawa. Anak-anak saya dalam pendidikannya menggunakan bahasa Belanda, namun di rumah kami berbahasa Jawa.”

"Ini budaya kami, kebiasaan kami, dan kami harus merangkulnya karena bagian dari identitas kami,” katanya lagi.

Raymond Sapoen akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu yang akan diselenggarakan pada 25 Mei 2015. Sebelumnya, Raymond pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan pada 2010 hingga 2012. Kemudian pada periode 2012-2014 ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Industri.


Referensi: BBC Indonesia
Source image: Merdeka

49 komentar

wah hebat juga ya mas, seorang raymond sapoen yang asl indonesia di banyumas bisa menyalonkan diri jadi presiden di suriname, kayaknya memang di suriname makenya bahasa jawa ya mas?

Saya pernah lihat berita di tivi yang memberitakan bahwa kebanyakan warga Suriname adalah orang keturunan Indonesia, khusus nya Jawa. Padahal jarak Pulau Jawa ke Suriname sendiri ribuan kilometer. Yang lebih hebatnya lagi Bapak Raymond Sapoen ini yang lagi Nyapres di negara tersebut. Mudah-mudahan kepilih ya jadi Presiden Suriname yang baru. :D

Yaelah ini wajah jawa banget, udah lah Suriname kita jadikan negara bagian sajah biar banyak sodara hehe

Haha.. Iki opo to rek.
Bakal seru nih, wong Banyumas jadi capres presiden Suriname. Jadi inget orang Suriname yg datang ketemu Jokowi bbrp tahun lalu. Agak aneh tapi lucu liat bule tapi ngomongnya bhs Jawa.

Iya benar mas, di Suriname keturunan Jawa merupakan etnis terbesar ketiga di sana

Hebat juga yah, Bahasa Jawanya masih terpelihara.

Orang suriname memang sebagian besar masyarakat jawa. Yang di kirim pada waktu penjajahan dulu. Yaa, semoga aja, orang jawa di sana memimpin negaranya (suriname)

Bahasa jawa masih dipelihara sampe sekarang gan...hebat benget tu...kita aja sulit melestarikan bahasa daerah

Wh hebat ya. mudah mudahan saja terpilih :)

iya betul mas waktu masih jaman kolonial banyak warga indonesia khususnya keturunan Jawa yang bibawa oleh VOC ke Suriname

Nah disini poinnya sebagai warga di daerah masing-masing harus melestarikan kebudayaan sediri dan jangan pernah malu menggunakan bahasa daerah sendiri :)

ya kalo yang keturunan Indonesia jawa masih banyak yang menggunakan bahasa Jawa di Suriname

mukane ndeso tapi rejekine kota ya mas :D

waw...keren dan mantap nih orang Banyumas bisa jadi Presiden Suriname tanah leluhurnya Rud gulidt juga pemain bola belanda legendaris dengan tendangan geledeknya itu...tuh.
Kang reumond Sapoen bakalan senang jika kita ke Suriname dan mengaku saja dari Banyumas, pasti kita disuguhin makanan ala presiden, pulangnya kiat pasti di kasih ongkos.....guriih kan?

nanyanya blah marih ah...mang itu top kpmentarnya gimana caranya supaya valid HTML5 ya...suwer nih nanyanya serius nih

Keren kalo orang Indonesia bisa jadi presiden negara lain :)

wah saya ikut bangga nih mas sebagai sama2 keturunan jawa.
semoga saja pada mei nanti Raymond Sapoen dapat memenangkan pemilunya

memang disuriname warga indonesia terutama jawa sudah menjadi warga resmi lomas

clarence seedorf,patrick kluivert juga punya keturunan suriname lokang.memang banyak warga belanda yg berasal dari suriname dan bisa juga masih keturunan jawa

kapan kita kesana coba?

nah bener nih
gimana kalau mulai sekarang kita komen pakai bahasa daerah masing2 mas?
hahaha

saya mah tau mas marnes keren dari lahir koq

mungkin pakai bahasa kasarnya saja deh yg masih bisa

pliss deh jangan nanya yang begituan ke saya kang, terhina banget rasanya saya hahahaa...suwer takewer-takewer gak ngerti saya mah, terus gak gak tau juga itu dah valid html5 apa belom? Langsung tanya sama si pembuatnya aja kang, dari Mas Yanto itu teh :)

Jadingat ingat Sumpah Patih Gajah mada nih Mas, banyak orang jawa yang jadi pembesar di setiap negeri yang dipijaknya he,, he,, he,,

sumpah saya ketawa geli mas, orang saya juga bingung makanya saya gak jawah hahahaaa...eh sampeyan malah jawab gitu lagi hahahaa....

hehehe...yang ada pada ngawur semua ntar kometarnya :D

surinamekan mayoritas indo gan, jadi gak kaget

hebat banget bapak ini, aku akan mendukungmu pak....

memang suriname ada beberapa partai dan itu mayoritas orang jawa...hebatnya lagi beberapa dinas pemerintah itu kepalanya orang indonesia....memang beberapa karis politik orang kita malah bagus diluar negeri....kalau di indonesia sendiri takut kena tendang kali ya nes....karena kacaunya politik kita heheheeeee

masih ingat juga dulu waktu kul di jogja....pada saat itu kami noton wayang...ada rombongan dari suriname, lalu beberapa guide menerjemahkan kedalam bahasa inggris....lalu mereka bilang....gak usah di translate, kami juga mengerti. karena kami juga sering pake bahasa jawa di sana, walau bahasa jawa kasar....namun mereka akan bertanya kalau ada beberapa bagian yang mereka tidak mengerti....itupun masih pake bahasa jawa....jadi kawan saya yang jadi guide nyengir-nyengir sendiri....karena nyangka orang suriname gak bisa bahasa jawa.....heeee

Luar biasa sekali. Saya sendiri sudah sering melihat tayangan tentang Penduduk SURINAME di TV swasta beberapa bulan yang lalu. Dalam tatyang itulah diketahui bahwa kebanyakan dari warga Suriname adalah orang keturunan Indonesia, khusus nya dari Puilau Jawa.

iya mbah di negara kita mah lucu, ada orang yang cerdas, jujur dan punya komitmen untuk memajukan bangsa bukannya didukung malah dikucilkan dan disingkirkan

iya kang katanya keturunan Jawa merupakan etnis terbesar ketiga setelah keturunan India dan Afrika

ini dia budaya bahasa yang harus kita contoh dimanapun kita menetap tapi ketika diatas satu atap yang sama maka bahasnya pun harus sama ,

mantep banget iki capres kading banyumas :D

http://salmanbiroe.blogspot.com/2015/02/jajanan-khas-tegal.html


EmoticonEmoticon