Daftar Pemenang Piala Citra FFI 2014

Pada postingan yang lalu saya telah membahas mengenai Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2014 yang acaranya diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan. Kini ajang penghargaan bergengsi untuk para insan perfilman Tanah Air usai sudah digelar. Dari 387 judul film, terdapat 19 film yang berhasil masuk sebagai nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2014.

Daftar Pemenang Piala Citra FFI 2014

Puncak acara Festival Film Indonesia 2014 yang digelar di Palembang Sports and Convention Centre, Sumatera Selatan, 6 Desember 2014, terlihat begitu ramai. Hamparan karpet merah membentang menyambut kedatangan tamu-tamu dan artis-artis FFI 2014. Selain dihadiri banyaknya tamu-tamu dan para artis, acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo lengkap dengan rombongan paspamres yang setia mengawalnya.

Dimulai dengan pembacaan nominasi Film Animasi, Film Dokumenter, dan Film Pendek Terbaik, malam anugerah Piala Citra FFI 2014 berlangsung dengan gegap gempita. Deretan insan perfilman Indonesia hadir menikmati perhelatan tahunan industri perfilman Indonesia.

Film "Soekarno" dan "Tabula Rasa" bersaing mendapatkan piala paling bergengsi di industri perfilman Indonesia. Kedua film tersebut yakni, "Soekarno" dan "Tabula Rasa" sama-sama memboyong empat Piala Citra. Akan tetapi, dua film ini berhasil dikalahkan "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" yang dinobatkan sebagai film bioskop terbaik FFI 2014.

Berikut ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra FFI 2014, seperti dilansir Metrotvnews :

1. Film Bioskop Kategori Film Terbaik:
Cahaya Dari Timur: Beta Maluku

2. Film Bioskop Kategori Sutradara Terbaik:
Tabula Rasa (Adriyanto Dewo)

3. Film Bioskop Kategori Pemeran Utama Pria Terbaik:
Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (Chicco Jericho)

4. Film Bioskop Kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik:
Tabula Rasa (Dewi Irawan)

5. Film Bioskop Kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik:
Tabula Rasa (Yayu Unru)

6. Film Bioskop Kategori Pemeran:
Soekarno (Tika Bravani)

7. Film Bioskop Kategori Penulis Skenario Asli Terbaik:
Tabula Rasa (Tumpal Tampubolon)

8. Film Bioskop Kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik:
Sokola Rimba (Riri Riza)

9. Film Bioskop Kategori Pengarah Sinamatografi Terbaik:
Sebelum Pagi Terulang Kembali (Nur Hidayat)

10. Film Bioskop Kategori Penyunting:
Soekarno (Cesa dan Wawan I Wibowo)

11. Film Bioskop Kategori Penata Musik Terbaik:
Killers (Fajar Yuskemal dan Aria Prayogi)

12. Film Bioskop Kategori Penata Suara Terbaik:
Killers (Fajar Yuskemal dan Aria Prayogi)

13. Film Bioskop Kategori Penata Visual Efek Terbaik:
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (Adam Howarth & Eltra Studio)

14. Film Bioskop Kategori Pengarah Artistik Terbaik:
Soekarno (Alan Sebastian)

15. Nominasi Film Bioskop Kategori Perancang Busana Terbaik:
Soekarno (Retno Ratih Damayanti)

16. Nominasi Film Animasi Terbaik:
Asia Raya

17. Nominasi Film Dokumenter Terbaik:
Dolanan Kehidupan

18. Nominasi Film Pendek Terbaik:
Onomastika

19. Lifetime Achievement:
Slamet Rahardjo 

104 komentar

Cahaya Dari Timur: Beta Maluku,,memang layak menjadi pemenang ,soalnya keren banget,walau baru nonton penggalanya saja sudah terlihat kalau film yang satu ini memang berkualitas,,,

yang surprise buat saya ya Mbak Dewi Irawan. itu kakaknya Mbak Ria Irawan bukan?
bener2 nggak nyangka secara selama ini keliatan biasa2 aja

saya belum nonton dong, saya nontonnya Transformer.

nah kalo Tika Bravani memang joss pisan.
cakep dan aktingnya buat saya keren pisan

Riri Riza selalu is the best ya...tapi emang bagus sih :)

Aku malah gak nonton acaranya.
Cuma selamat aja buat yang udah menang. Tingkatkan kualitas film Indonesia.

saya malah belum nonton film2 itu :(

saya mah malah ndak nonton acaranya kang, ndak ngikutin juga informasinya, baru tau dari blog akang ini :))

saya cuma pernah nonton yang film Sukarno doang kang, yang laennnya mah blom

saya malah gak kenal-kenal acan hehehee...

lama gak berkunjung, tumben nih mas marnes ga ngebahas soal PTC? =))

Wah Mas Zach nie rupanya pengamat para aktris ya, kayaknya dah familiar banget :)

iya nie baru keliatan, sepertinya ada yang beda deh sama foto profilnya :)
PTCnya dah pada bangkrut mbak :D

saya juga nontonnya cuma bentaran doang kang di Kompas TV

Riri Reza memang layak menjadi penulis skenario adaptasi terbaik ya mbak :)

semoga aja perfilman Indonesia semakin berkualitas dan semakin maju ya mas :)

Ayo nonton bareng di stadion GBK saja

Selain film Tenggelamnya Kapal Van Derwijck, ngga ada yang aku tonton.. :(

SALAM SIANG Mas Marnes wah saya ketinggalan berita daftar pemenang piala ffi 2014, gara gara listrik di tempat saya petugasnya amatir semua.. saya hadir dan simak daftar pemenang FFI nya Mas. makasih atas info yang keren ini se keren Kang Mas Adminya :)

SUDAH USAI Acaranya ya mas..? mendingan nonton di blog nya mas marnes aja deh... kopinya mana mas,, nih tamunya sudah berjibun.. koq belum siap saji juga?

memang garang dan patut menjadi terbaik film beta maluku garapannya angga dwimas sasongko seorang sutradara muda. bangga juga dengan film indonesia, semoga bisa mendapat penghargaan ditingkat internasional. terima kasih atas info FFI 2014nya mas.

satu lagi film soekarno juga patut ditonton, walau sempat menuai protes salah satu keluarga soekarno sendiri karna dibilang sosok soekarno yang difilm tidak cocok bahkan bertolak belakang. oh yaa...saya sudah balas pertyanyaan anda di bengkel blogger. sudi kiranya berkunjung kembali pada link berikut.

http://bengkelbloggerblog.blogspot.com/2014/12/blog-dofollow-indonesia-dengan-pr-tinggi.html?showComment=1418014229233#c6319394392789028225

terima kasih mas.

film yang saya suka tidak masuk ternyata... tapi tidak apa lah mas,,, film indonesia itu seru-seru juga, dan tidak kalah saing dengan film drama yang lainnya...

selamat saja untuk para pemenang piala citra kali ini mas
semoga kedepannya lebih baik dan lebih baik lagi

kan pernah jadi artis mas
dalam mimpi

saya malah belum nonton film ini nih

Saya dulu ngefans full sama Neng Ria Irawan Mas Zach.. sampai sedikit rada jatuh hati deh Mas MARNES.. hhhhh saking ngefans nya maksud nya :)

Artis beneran,, datang gonjrenggggg.. Mas Zach juga artis yah..? Mas Yanto malah artis Pria terganteng di crew saya yah gak Mas.. mas Marnes ikut gak jadi artis saya..? hkhkh :)

Terima kasih ucapanya mas yanto semoga anda juga sukses jadi artis nya yah?

wahhh film film yang di atas jujur saya gak pernah nonton mas haha maklum saya kurang suka Nonton Tv jadi agak kudet deh :v tapi saya ucapkan selamat aja deh buat yang juara moga perfilman di negara kita ini makin keren + makin ngeididik

saya juga pernah nonton film tenggelam Beb tapi bukan kapal Van Derwijk, kapal Titanic saya mah :D

Salam siang juga Mas Karryst...
Bukan karena blom bayar listrik kan? Emang petugasnya suka pada lelet banget, musti dikasih kopi dulu kali mas :)

Sama Mas Yan, saya juga belom nonton...baru pernah liat yang film Sukarno doang

iya bener mbah saya juga sempet liat beritanya ketika pihak dari keluarga Sukarno merasa keberatan... Dan terimakasih juga atas jawaban serta penjelasan mengenai blog dofollownya, Alhamdulillah sekarang dah mulai tercerahkan nie.

wah film apaan tuh Mas Jai? Film drama yang seperti apa dulu nie mas? Jangan bilang film drama korea lho...kagak idep banget saya mah, mendingan nonton sinetronnya H. Muhidin daripada film drama korea mah heheheee....

wah kalo saya masuk jadi artisnya Mas Karryst, saya harus bersaing sama Mas Yanto dong yang kegantengannya dah teruji...bayarannya saya mah mahal lho mas heheeee...

Nah, kalo Mbak Ria Irawan mah saya kenal, yang temen deketnya Ryan Hidayat (almarhum) kan?

Aamiin..
semoga saya juga kecipratan sukses ya mas :)

kalo saya mah seringnya nonton berita sama komedi seperti acaranya kang Sule "Ini TalkShow" baru saya suka banget :)

Saya juga gak sempat nonton... hikhik

Siap mas, nie kopinya dah siap diseruput...
Maaf kalo ampe ngantri, tadi saya lagi ada acara meeting bersama para fans hahahaaaa.....

Dan dari semua judul Film di atas, belum ada yg pernah ada yg saya tonton kang xixii.....

ane pernah liat dolanan kehidupan...film dokumenter bagus....tabula rasa juga pengen lihat tapi belum ada link donlotnya :D

loh koq bisa sama ya mas
saya cuman kalah kaca mata.kwkwkw

wah saya lupa gak bawa kameranya mas :D

ya udah pake kacamatanya dong biar samaan :)

artis blog juga gak apa2 mas, mayan kan bisa jadi terkenal ntarnya :)

saya cuma baru nonton satu film doang kang :)

mungkin karena masih baru kali ya mas, coba aja cari di ganool mas :)

Wah, pak Slamet Raharjo termasuk daftar pemenang FFI Piala Citra...Ternyata beliau masih eksis dalam dunia perfileman...

Beta Maluku memang pantas mas untuk menjadi pemenag

Baru tahu saya, ternyata FFI itu masih ada toh?

Waah, banyak yang dapat lebih dari satu kategori yaa. Kan kasian yang lain ga kebagian Huhuuuhuu

Daftar hadir saya di artikel daftar pemenang piala citra ffi 2014 nya Mas marnes..salam pagi lebih enaknya sambil ngopi yu Mas..?

Pak Slamet Raharjo itu yang hostnya sentilan sentilun kan ya

berarti memang karna filmnya bagus kan ya!

Selamat buat pemenang
pasti banyak menggondol uang
hati senang dan tenang

haha.. film drama korea itu mas.. film ke sukaan kakak saya mas.. tiap hari harus update film drama korea mas buat kakak saya mas... :)
H. Muhidin sudah tidak seru mas..

Film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku belum nonton jadi belum tahu seperi apa alur ceritanya. Sekola rimba sudah, sangat bagus.

untung saya mampir ke blog keren gudang informasi jadinya saya teh jadi tahu informasi daftar pemenang FFI 2014, sekaligus tahu film pemenangnya Maluku Beta

aje gile bingit, telat dikit doangan, komentarnya ampe udah bererod panjang ke bawah, ampe cape deh ih kita sekrol ke bawah...tapi mau gimana lagi kalau udah gitu, coba?

nahh kalo gitu sama kayak saya mas :)

setelah baca artikel diatas saya jadi gak sabar buat nonton supernova new gan :)

nyimak saja dulu abah mah... selamat sore saja

Selamat ya untuk para pemenang, biar saya gak dapat Piala gpp
Cukup pake lotionnya ajah :)

kenapa harus piala citra ya mas....bukan piala yanto atau piala joko gitu. apalagi kalau piala yanto cungkup pasti bejibun yang daftar dan nonton barengnya. heeee :D

Kang Lembu sih pake acara telat segala, blog saya kan gak ada fitur scroll ke bawah gak seperti blog Kang Lembu...emang gimana itu cara bikinnya kang? Saya juga pengen ada fitur scroll ke bawah kayak punya Kang Lembu :)

Hah...? Drama Korea? kakanya perempuan ya...
Emang sekarang nie sepertinya lagi demam drama korea ya, dulu juga sempat booming waktu ada film drama F4 itu ya, tapi saya gak idep sama film-film drama korea mah mas :)

Masih atuh mas, tapi gak tau penyelenggaraannya setiap tahun atau bukan tuh

iya mas kakak saya perempuan mas. kalau laki-laki ya di panggil abang mas...
bener sekali mas, lagi demam-demam korea ne... nahh f4 tuh lah yang buat booming mas... sampai-sampai sekarang di Indonesia drama korea tidak hilang...

Tabula Rasa (Adriyanto Dewo) ini ada di koran KOMPAS. Saya sudah baca tulisan di Kompas. Wa seru bangeds.

iya tuh mas film Sukarno aja ampe dapet 4 piala ya..

Ini saya lagi ngopi lagi nie mas, ngopi yang ke 4 kali kayaknya :D

saya malah keduanya blom nonton mas :D

gudang informasi dari Hongkong kali... :D
Update postingnya aja gak rutin tiap hari coba...

emang film supernova seru ya gan? gak tau saya mah :D

klao piala yanto cungkup pasti saya yang menang, kan Mas Yantonya dah saya sogok dulu pake kopi item warisan karuhun :D

saya mah blom tau alur ceritanya seperti apa kang...

nah menyapa disini aja kayak mang lembu :)

saya kok nggak masuk daftar mas?..:)

sukses yg jadi pemenangnya

saya tidak nonton mas. padahal palembang daerah saya tinggal. Informasi ini cukup membantu saya..

Hallo Mas Marnes daftar muka lagi kesini. masih setia di post ini.. ayo Mas Tunjukan pesona mu koq setelah PULKAM Kaya nya kurang semanget buat artikelnya Mas.. sibuk apa Mas?

Saking sibuknya kaya nya ya Mas KL...

Saya paling disiplin bayar listrik Mas Marnes listriknya aja yang gak ngedukung

waduh kang maaf ketinggalan nih, pialanya buat aku ga dapat yah..

waktu dibagi piala disana banyak nyamuk mas..?

Saya nyapu disini deh eeee nyapa maksud nya.. salam hangat Buat mas Admin Mas Marnes yang ganteng sekali dan salam manis buat seluruh sahabta blogging
greetings mannered and cheerful

Koq Mas Marnes tau iya itu, cakep kan dulu mah. sekarang mah euhh gitu deh :(

Ronda malam datang ton tong jangan pada terlena waspadalah.. dengan pemenang piala citra FFI

Piala buat bagian Teh Santika di ambil Mas Wong tuh orang nya lari uuuyyyyy uyy :)

Salam manis tak kan habis, salam sayang tak kan pernah hilang buat semua para sahabat blogger dimanapun kalian berada...

sekarang juga masih cakep ko mas, bedanya sekarang mah dah gak terlalu tomboy

Kalo semangat sih masih tetap semangat dong, cuma kendala jaringan yang kadang super lemot, itu yang membuat saya jadi lemah letih lesu :D

nyamuknya sih cuma satu teh, cuma tetangganya itu lho bejibun banget :D

Wah... semoga pialanya gak jadi dibalikin lagi ya kayak tempohari...

supaya selalu manis dan disayang, hadir lagi :)

Kalau gitu saya mau cari film cahaya dari timur ah nanti.


EmoticonEmoticon