Tips Agar Terhindar dari Kutu Rambut

Tips Agar Terhindar dari Kutu Rambut
MarnesKliker.com - Pernahkah Anda atau anak Anda bermasalah dengan kutu rambut? Dari dulu hingga sekarang, masalah kutu rambut merupakan masalah yang sudah tidak asing di masyarakat kita. Sering kali kita melihat fenomena di masyarakat, yaitu kebiasaan mencari kutu atau yang disebut petanan. Petanan ini sering dilakukan diwaktu senggang ketika sedang beristirahat dan biasanya dilakukan oleh kaum perempuan.

Kutu rambut seringkali menyerang anak-anak usia sekolah dari TK, SD, dan SMP, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa terserang kutu rambut. Umumnya wanita yang banyak terserang kutu rambut dari pada pria. Semakin panjang rambut maka potensinya lebih mudah terkena kutu rambut. Untuk itu perlu adanya tindakan untuk mengatasi masalah kutu rambut tersebut. ( Baca: Cara Jitu Mengatasi Kutu Rambut )

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami. Pada postingan kali ini saya akan membahas Tips Agar Terhindar dari Kutu Rambut. Ketika Anda sudah melakukan berbagai upaya untuk membasmi kutu rambut, tentu diperlukan sebuah usaha pencegahan agar kutu rambut tidak mudah datang lagi sehingga Anda terhindar dari kutu rambut tersebut.

Untuk pencegahan agar terhindar dari kutu rambut, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Berikut ini tips agar terhindar dari kutu rambut :

1. Jangan tidur berdekatan dengan orang yang positif mempunyai kutu rambut karena kutu tersebut dapat berpindah ke rambut anda.

2. Hindari kontak langsung rambut anda dengan rambut orang yang terkena kutu rambut karena kutu rambutnya bisa dengan cepat berpindah ke rambut Anda. 

3. Cobalah untuk tidak berbagi/bertukar benda yang berkaitan dengan rambut seperti sisir, jilbab, topi, handuk, dan benda lainnya. Karena kutu rambut dapat dengan mudah berpindah ke kepala anda melalui benda tersebut.

4. Jangan meletakkan perlengkapan Anda bersamaan dengan perlengkapan orang yang memiliki kutu rambut karena kutu rambut yang tertinggal di perlengkapannya dapat berpindah ke perlengkapan kita.

5. Jika ada angota keluarga yang merasa gatal dan rambutnya terdapat butiran putih segera periksa, bisa jadi itu telur kutu. Segera lakukan penanganan untuk membasminya agar kutu rambutnya hilang. Hal ini dilakukan agar tidak menyebar ke angota keluarga yang lain.

6. Lakukan langkah pembasmian kutu rambut secara berkala, misalnya dengan menggunakan minyak kelapa murni, minyak kayu putih dan jeruk nipis.

7. Rajin-rajinlah merawat kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut Anda.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba agar terindar dari kutu rambut, semoga postingan ini bermanfaat buat Anda semua. Jika Anda mempunyai tips lain, jangan sungkan-sungkan untuk share melalui kolom komentar yang tersedia. 

Sumber gambar: health.detik.com

27 komentar

Tips yang bermanfaat nih Mas Marnes saya coba dulu ya Mas makasih

Tidak nyadar ternyata dapat pertamax di aratikel
Tips Agar Terhindar dari Kutu Rambut
Kebetulan saya tidak ada kutu pada rambut saya :)

sangat bermanfaat nih bagi saya agar terhindar dari kutu rambut

bahasa didaerah saya TUMO mas.hehehe

makasih mas atas infonya,
kirain kutu rambung ini sudah tidak ada lagi :)

ayo yang punya kutu rambut, silakan baca tips bermanfaat ini...kalau saya karena ndak punya rambut ya ndak perlu baca...cukup berkomentar saja...hhhh...izin patroli di malam jumat, semoga aman-aman saja

waktu masih kecil pernah kena kutu rambut gara-gara temenan sama yg punya kutu, terus disaranin rambutnya pake kapur "bagus" soalnya kutu termasuk serangga, dan akhirnya hilang juga mas...

Satu lagi: potong rambut sampai botak. He-he-he.

Selamat Mas karrys atas pertamaxnya...
Mas Yanto bukan pertamax tapi petromak :D

silahkan mas dicoba aja sapa tahu bermanfaat :)

Tiap daerah mungkin beda sebutannya kali ya mas...

sama-sama Mas Bagus, makasi juga udah berkenan hadir disini :)

Malem Jum'at koq masih kelayapan aja mas, yang laen mah pada ikuta tempur di rumah masing-masing ckckckckk...

kapur bagus itu yang kapur ajaib itu ya? saya malah blom pernah nyoba tuh mas :D

wah bener tuh mas kalo dibotakin mah dijamin kayaknya deh :)

Iya kadang bikin jengkel juga ya,. kalau sudah garuk garuk kepala biasanya sih kena Kutu Rambut. Dulu jaman saya masih duduk di bangku Cadangan eh salah di bangku SMP, sering garuk kepala hingga kulit kepala ada yang terluka dan mengeluarkan (maaf) Darah. Mungkin penyebabnya Kutu atau Ketombe kali ya

Saya kira kutu rambut itu sudah punah he... sudah hampir 10 tahun saya blm pernah melihatnya lagi :)

saya juga gk tau dari mana asalnya kutu rambut yg ada di ponakan saya hehe

iya kang bisa jadi penyebabnya kutu dan ketombe, kayaknya keduanya masih saling berhubungan tuh, kalo ketombean terus dibiarkan ya pastinya lama-lama bakal menumpuk dan bisa dipastikan bisa muncul bakteri :)

masih ada kang, dikampung-kampung mah masih sering liat emak-emak yang lagi pada nyari kutu :D

kalo penyebab asalnya kutu mah banyak kang, bisa jadi karena penularan dari temen-temennya yang ada kutu rambutnya :)

akhirnya di share juga tips menghindari kutu rambut.. makasih ne mas...
dan tipsnya tidak terlalu banyak juga kog...

tips yang bermanfaat mas :) terimakasih infonya hehe

wahh ternyata dekat saja dengan orang yang banyak kutu nya rambut kita juga ternyata bisa terkena imbasnya yah haha kutunya keren bisa Hijrah :v

kutu rambut ini sangat menyebalkan memang, dulu waktu aku kecil kena kutu rambut langsung di gundulin sama bapak

Yups harus rajin keramas dan menjaga kebersihan pada kulit kepala. Thanks for sharing mas marnes :)

wah ini saya dulu pernah membasmi punya adik saya dan skrg sudh gak lagi, kudu memang buat kepala gatel, ayooo yang lagi garuk2 ingat tuh ada kutu hehe


EmoticonEmoticon