Media Telekomunikasi yang Dulu Berjasa Tapi Sekarang Dilupakan

Media Telekomunikasi yang Dulu Berjasa Tapi Sekarang Dilupakan
MarnesKliker.com - Tahukah Anda kalau saat ini semakin berkembangnya teknologi banyak media telekomunikasi yang sudah ditinggalkan para penggunanya. Padahal alat komunikasi ini dulu sangat berjasa bagi banyak orang, akan tetapi perkemabangan dunia teknologi yang semakin maju dan modern membuat nasib alat komunikasi yang dulu pernah berjasa ini lambat laun sudah ditinggalkan dan dilupakan begitu saja bahkan hilang tergilas oleh roda zaman. 

Baca juga artikel sebelumnya: 7 Mobil Keren Milik Petinggi Perusahaan Teknologi 

Berikut ini 5 media telekomunikasi yang sudah hampir dilupakan? Cekidot!

1. Merpati pos
Tradisi mengirim pesan melalui burung merpati ini sudah digunakan sejak zaman dahulu kala yakni pada zaman Romawi dan Persia kuno. Dimana mereka melatih burung merpati untuk mengirim pesan pada pasukan militer. Untuk mengirim pesan sebelumnya burung merpati harus diatih dahulu agar dapat melakukan tugasnya. Tapi di zaman yang modern seperti sekarang ini, mana ada ya orang yang mau mengirim surat pakai burung merpati? Karena lebih cepat menggunakan si burung biru alias twitter.

2. Telegram
Telegram merupakan fasilitas yang digunakan banyak orang untuk mengirim sebuah pesan secara cepat dan akurat. Telegram sendiri berisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh sebuah alat yang disebut telegraf. Cara kerja dari alat ini menggunakan jaringan kabel yang meghubungkan satu lokasi dengan lokasi lain dari bawah laut.

3. Pager
Sebelum era handphone booming, dulu orang-orang lebih suka menggunakan pager untuk berkomunikasi. Karena saat itu telepon genggam masih terbilang barang mewah dengan biayanya cukup mahal. Namun penggunaan pager bukan telekomunikasi langsung dua arah seperti mengirim sms, karena untuk mengirim pesan pada pager Anda harus menghubungi operator untuk menitipkan pesan yang akan Anda kirim ke penerima nomer pager.

4. Telepon umum
Telepon umum saat ini dibeberapa tempat di Jakarta sudah hampir sulit ditemukan, jika ada mungkin kondisinya sudah banyak tidak berfungsi bahkan rusak. Dulu telepon umum menjadi primadona karena biayanya relatif murah yang menggunakan koin pecahan, mulai dari pecahan 50, 100, 500 Rupiah atau menggunakan kartu telepon magnetik atau chip.

5. Bis surat (kotak pos)
Kapan terakhir kali Anda mengirim surat atau kartu pos melalui kantor pos atau bis surat? Media komunikasi yang ke lima ini juga dulu cukup fenomenal. Di era 90-an mengirim kartu ucapan menjelang Hari Raya menjadi hal yang sangat seru untuk dilakukan. Namun semakin hari tradisi tersebut semakin berkurang karena banyak orang yang memilih untuk mengrim ucapan dengan sms, email, sosial media hingga aplikasi chatting karena pesan yang dikirim bisa lebih cepat bahkan langsung.

Sekarang ke 5 media telekomunikasi tersebut hanyalah tinggal kenangan. Meski begitu kita jangan sampai lupa bahwa media telekomunikasi tersebut dulu pernah berjasa buat kita, iya toh? (sumber: dari berbagai smber)

25 komentar

dari semua telekomunikasi diatas, yang paling keren adalah menggunakan merpati walaupun saya belum pernah menjumpainya.. :D

Memang manusia itu sangat gemar sekali melupakan, selain itu nikmat Tuhannya juga sering dilupakan...

Salam dari Pulau Dollar

kalau saya sih nggak melupakan bos, cuma waktu saya mulai dewasa dan mulai butuh media telekomunikasi, ke lima media sudah jarang ditemukan... tapi meskipun media tersebut masih banyak yang menggunakan pada saat saya mulai butuh media telekomunikasi, kemungkinan besar saat ini saya juga sudah melupakannya, hehehe...

Inget dulu sempet juga make pager, ringtone nya itu loh bunyinya unik bingit hehe

Kalo telpon umum masih, cuma udah jarang ditemuin ya mas :)

saya malah megang barangnya aja belum pernah mbak, alat telekomunikasi yang dulu sering digunakan di daerah saya kentongan mbak, kalo lagi mo sholat atau ngeronda hehehe...

iya mbak udah jarang banget lagian kalo pun ada juga mungkin orang lebih suka menggunakan HP ketimbang telpon umum :D

iya ya...soalnya duluan ke lima media itu lahirnya ketimbang kita :)

Mudah-mudahan kita gak termasuk ya hihihi... apalagi kalo sampe melupakan nikmat Tuhan, jangan sampe deh

Benar juga mas. Era 90-an kita masih menggunakan telepon umum dan kotak surat untuk berkomunikasi dengan saudara yang jauh. Harus pergi ke gardu telepon umum untuk bebricara atau mencari kotak pos dan kantor pos untuk berkomunikasi dengan surat...

iya nih mas,dulu kotak pos termasuk satu tempat yang menjadi perantara favorit

Zaman trus betgeser alat komunikasi juga kebawa dampak nya ya mas

Kebayang jdnya kalo hp satu saat bakal tergantiin sama apa ya kira kira ?

Ke 5 point Media telekomonikasi yang Mas tulis hanya 1 yang saya
Belum memakainya yaitu Merpati post. soale saya gak ngalami Mas
Lha saya yang keren ini kan, Anak muda jaman sekarang hhhhh ;D

Tuhh kan Mas Alul juga sama saya, soal Generasi Anak Muda keren
Kaya saya, sihh hhh.. Merpati Post,, unik juga ya Mas Marnes.. :)

saya mah gak pernah kirim-kirim surat sih mas, pernah juga dulu kirim surat buat sang pacar tapi gak lewat kotak pos hehehe...

pager yang kesiananmah mang, kalau yang lainnya masih lah ada yang pake jasa mereka, kalau pager mah awal keluar saya dapet inventaris dari kantor, beuh...asa pang gayanya, pokokna mah asa pang Arjuna na we lah harita mah...ngerasainmake pager ngga mang?...belomlahir kali mah ya?...:D

iya kang belum lahir kali saya mah, ngeliat secara langsung aja belom pernah :D

iya deh yang anak muda hihihi...
saya juga belum pernah mas :)

pastinya mas pur, secara teknologinya juga sudah semakin canggih

mungkin bisa diibaratkan dengan habis manis, sepah dibuang getu ya mas hehehe :D

lawong mereka kok mas yang meninggalkan Saya duluan :)
setelah saya gede cuma Post dan telpon umum saja yang masih setia nenunggu Saya hehehehehe :)

ya mau gimana lagi mbak, kalo dah ga enak mendingan dibuang hehehe...

Hehehe...Mas Ari'nya dah ketinggalan duluan ya :)

Aku secara langsung belum pernah pakai alat komunikasi ini..


EmoticonEmoticon