Tahukah Anda, Ternyata Stres Ada Manfaatnya juga Loh

Tahukah Anda, Ternyata Stres Ada Manfaatnya juga Loh
MarnesKliker.com - Di dalam kehidupan sehari-hari, adakalanya manusia menghadapi tekanan yang dapat menyebabkan manusia menjadi stres. Hal ini pasti terjadi dan tak bisa dihindari. Mungkin ada diantara anda yang saat ini sedang mengalami stres?

Tidak perlu khawatir guys, tidak selamanya stres berdampak buruk bagi tubuh kita. Justru sebaliknya jika stress tersebut bisa anda kendalikan, akan memberikan dampak yang positif setelah tubuh kita memberikan perlawanan terhadap stres tersebut. Tahukah Anda, ternyata stres ada manfaatnya juga loh...

Menurut seorang ahli kesehatan, Richard Shelton, MD, dari Departemen of Psychiatry di University of Alabama Birmingham. Kelola stres dengan baik akan mendapatkan manfaat. 

Berikut ini 5 manfaat yang anda dapatkan ketika anda mampu kelola stress dengan baik :

1. Merangsang Kemampuan Otak
Tak perlu risau jika stres masih dalam level rendah. Karena malah bisa merangsang produksi zat kimia otak yang bernama neurotrophins, dan meningkatkan jaringan antar neuron di otak. Menurut dokter Shelton saat stres bisa jadi mekanisme utama yang digunakan untuk latihan meningkatkan produktvitas dan konsentrasi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut dokter Shelton, Ketika tubuh stres, tubuh akan mempersiapkan diri dari kemungkinan cedera dan infeksi. Lebih lanjut, dokter Shelton juga mengungkapkan bahwa caranya dengan cara tubuh memproduksi interleuikin tambahan, sebuah bahan kimia yang mengatur kekebalan tubuh.

3. Kemampuan bertahan
Situasi stres membuat Anda terlatih menangani kondisi ini. "Paparan berulang stres memberikan kesempatan untuk mengembangkan kontrol akan fisik dan psikologis, sehingga membuat kita membuka diri terhadap stres," terang dokter Shelton.

4. Memotivasi untuk sukses
Menjelang tenggat waktu suatu pekerjaan, risiko stres akan pasti lebih besar namun hal ini akan memaksa Anda mau tak mau untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Seperti yang diungkapkan dokter Shelton, ia berkata "Hal ini akan merangsang perilaku Anda untuk benar-benar mengelola situasi secara efektif, cepat, dan lebih produktif".

5. Tingkatkan perkembangan anak
Saat ibu hamil kadang-kadang muncul perasaan stres. Sebuah studi dari John Hopkins tahun 2006 menunjukkan bahwa perempuan yang selama kehamilannya mengalami stres ringan hingga sedang justru malah menunjukkan perkembangan keterampilan.

Itulah 5 manfaat yang anda dapatkan ketika anda mampu kelola stres anda dengan baik. Untuk itu mari kita kelola stres yang ada pada diri kita masing-masing hehehee...

Sumber: health.liputan6.com
Source image: info-kes.com

26 komentar

wih baru tau saya mas klo stres ada bagusnya juga, hmm iya bener juga mas, asalkan stressnya bisa dikendalikan dan tidak terjerumus kedalam hal negatif saat stres, pasti akan mendapatkan manfaat, seperti pada point nomor 4, "Memotivasi untuk sukses" dokter Shelton,berkata "Hal ini akan merangsang perilaku Anda untuk benar-benar mengelola situasi secara efektif, cepat, dan lebih produktif" :D

Wahh, GILE bener nih artikel, ternyata ada fungsinya juga stres!!,,aneh tapi nyata.....tapi jika sudah membaca dengan teliti artikel ini, jadi ngerti jika nanti saya kedapatan STRES, ahhahhaa,,,,,,

yang bener ini mas, kalau saya stress dengan pekerjaan, biasanya langsung deh kepala pening pusing dan bawaannya pengen istirahat. saya bawa tidur habis tu selesai pikiran. tapi kalau stress dalam taraf yang wajar bisa bener juga tuh kata bule Richard Shelton, MD, dari Departemen of Psychiatry di University of Alabama Birmingham. :D

wah pantesan klo dalam keadaan mendesak terus stress kerjaan pasti ajah selesai , gatau gmana caranya haha keren gan

saya juga baru tahu mas, tapi ada benernya juga sih selama stres tersebut masih stres ringan dalam artian stres yang disebabkan karna ada tekanan seperti kerjaan yang mamaksa kita harus segera menyelasaikannya, nah biasanya pada posisi seperti nie mau gak mau kita dituntut untuk bisa menyelesaikannya :)

Nah mulai sekarang yuk mari kita kelola stres yang ada pada diri masing-masing dengan baik hehehehe....asal stresnya jangan yang berat-berat ya, yang ada malah ntar bisa stres beneran duaaaah.... :D

ya beneran kali mas, coba aja telpon pa'de Richard Sheltonnya langsung :D
stres yang dimksud masih termasik kedalam stres ringan loh mas, kalo dah stres berat mah kayaknya udah laen lagi ceritanya :D

Tuh khan, beneran kalo ternyata stres juga ada manfaatnya hehehe...

wah baru tau mas// klo steress ada manfaatnya juga :v ijin nyimak yah ..

baru bisa main-main kesini lagi :) lagi sibuk seklah nih :v

saya sependapat kalau stres justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh. buktinya orang gila jarang sakit ya mas :D

walau terbukti ada manfaatnya tp saya nggak mau stress ah mas

wah ternyata stress ada manfaatnya juga ya kang, tapi kan ga enak kalo stress hehe....

Kalau tidak dikelola dengan baik, jadi suka haha hihi sendiri ya mas ... hehehe

Makanya stres dulu ntar jadi tahu deh hahahaha...
oya dah mulai sibuk sekolah ya? apalagi sekarang sudah menggunakan kurikulum 2013 yang katanya siswa jadi lebih banyak tugas PR ya :)

iya ya kang, padahal tidurnya juga kadang sembarangan :D

hahahaha...intinya gak mau ambil resiko ya mas :D

Gak enak ya mas? emang dah pernah ngerasain ya wkwkwkwk...

Nah kalo haha...hihihi...sendiri saya juga sering mas, apa saya lagi stres ya? :D
Apalagi kalo dah liat acara komedi seperti Bang Bolot sama Bang H. Malih Tongtong, wah bukan cuma hahaha hihi mas, bisa ketawa terbahak-bahak saya :D

pantesan saya ini orang yang paling bisa bertahan yea kang...rupanya karena saya teh terlalu sring stres siga na mah yeuh...:D

Mantap nih artikel mas, saya baru tau setelah baca artike di atas klo stres ada manfaatnya juga mas,

matur suwun sharingnya mas marnes, :)

stresnya jangan sering-sering kang yang sedang-sedang saja :D

sama-sama mas warim, terimakasih juga atas kunjungannya disini ya :)

Ternyata stres ada manfaatnya juga kang, terimakasih atas artikelnya ya kang,

kata bu dokter cantik , stres itu menguntungkan kang, banyak orang setres banyak orang yang berobat ke bu dokter cantik heheh

Kalau stres berarti sudah tidak memikir sesuatu ya Kang, dan biasanya penyakit itu timbul dari pemikiran yang salah. Itu sih katanya. Tapi walau bagaimanapun stres itu tidak enak ko.

Salam

Hahaha... bisa jadi...bisa jadi :D

semua memang ada manfaatnya ya mas, bahkan stresspun bermanfaat...


EmoticonEmoticon