Inilah Perbedaan Uang NKRI Baru dengan Uang yang Lama

Tags

MarnesKliker.com – Sebentar lagi seluruh rakyat Indonesia akan merayakan HUT RI yang ke-69. Bertepatan dengan HUT RI ini, atau akhir pekan ini, masyarakat Indonesia juga sudah bisa melihat uang Rupiah kertas pecahan Rp. 100.000 terbaru. Namanya adalah uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Inilah Perbedaan Uang NKRI Baru dengan Uang yang Lama
Image by: http://www.kemenkeu.go.id
Bank Indonesia bersama Pemerintah Republik Indonesia akan mengumumkan bahwa uang kertas pecahan Rp100.000 Tahun Emisi 2014 mulai diberlakukan, dikeluarkan, dan diedarkan di Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2014 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Secara umum, desain uang Rupiah kertas pecahan Rp100.000 ini tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan uang Rupiah kertas pecahan Rp100.000 Tahun Emisi 2004 yang beredar saat ini. Hanya terdapat dua perbedaan yang mencolok dari uang kertas baru ini.
Inilah Perbedaan Uang NKRI Baru dengan Uang yang Lama
Image by: http://www.kemenkeu.go.id
Perbedaan utama antara lain dapat dikenali dari frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia” pada bagian muka dan belakang uang, sedangkan pada uang yang lama frasa yang dipakai adalah Bank Indonesia. Hal baru dari uang NKRI ini adalah penandatanganan uang dari yang sebelumnya adalah Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.

Mengutip keterangan yang tertulis pada situs resmi Kementrian Keuangan bahwa penggunaan frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia” serta tanda tangan Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan mewakili Pemerintah Republik Indonesia dalam uang Rupiah kertas tersebut menegaskan makna filosofis Rupiah sebagai simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia.

Dengan demikian, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan uang Rupiah dalam setiap transaksi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk di daerah terpencil dan daerah terluar Indonesia. Penghargaan warga negara Indonesia pada mata uangnya sendiri akan mendorong berdaulatnya Rupiah di negeri sendiri, dan pada gilirannya diharapkan Rupiah akan sejajar dengan mata uang utama dunia lainnya.

Selain kedua perbedaan yang telah saya sebutkan di atas, masih ada enam perubahan desain lainnya yang membedakan uang NKRI terbaru ini dengan uang yang lama.

Berikut delapan perubahan desain uang NKRI baru denominasi Rp. 100.000 tersebut :
1. Perubahan desain see through register/rectoverso
2. Frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia
3. Perubahan penulisan nama dan gelar pahlawan (sesuai Keppres)
4. Perubahan lokasi tahun emisi dan tahun cetak
5. Perubahan penanda tangan (gubernur BI dan Menteri Keuangan)
6. Penambahan blok warna
7. Perubahan warna pada nomor seri
8. Perubahan ukuran huruf pada frasa Bank Indonesia.

Uang NKRI baru ini akan beredar mulai 17 Agustus 2014 yang bertepatan dengan HUT RI ke-69 dan bisa langsung didapatkan oleh masyarakat melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).


Sumber: kemenkeu.go.id

40 komentar

Asyik ada uang baru yang memiliki Nama yang keren "Negara Kesatuan Indonesia"

Salam

Nama Uang Negara kita nanti namanya Negara Kesatuan Republik Indonesia ya Kang ... mantaaaappp .. :)
apalagi mulai diberlakukan, dikeluarkan, dan diedarkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ... tambah mantaaappp ...... Merdeka ... !!!!

Uang baru, presiden baru, tahun ini bakal jadi seru dengan hal baru.
Thanks infonya, jadi tahu ada keluaran uang baru.

Wah cepet amat mas, udah nongol aja nie dimari... :D
iya mas namanya keren saya suka banget, Indonesia banget pokoknya :)

Iya kang mantep pokoknya mah, btw jam segini masih keluyuran aja nie emang bininya gak ngambek tuh dicuekin terus hehehe...

Iya ya mbak, uang baru presiden baru juga entar, makin mantep duaaah....
makasi ya atas kunjungannya :)

Hehe mas indra juga buat posting serupa juga ya...
Salaman dong.. :)

Yang cetakan thn 2013 tapi tetep masih laku ya mas :)

Hehe...sy juga buat postingan yg barusan via hp kok mas..lepi saya lagu ngadat ..gak tau knapa..

Beda dijudul doang kali ya, tadinya saya mo bikin postingan tentang ukuran ideal bendera merah putih tapi udah keduluan rupanya sama mas pur, hehehe....

Masih lah, selama belum dicabut masa ijinnya... tapi untuk ke depannya katanya kemungkinan bakal ditarik dari peredaran :)

yang mau dihilangkan 3 angka nol dibelangnya mulai kapan yah mas berarti ini masih belum dilaksanakan yah mas :)

Iya benar. Koran Jawa POS kemarin juga sudah menurunkan artikel dan liputan mengenai uang kertas NKRI yang baru pecahan Rp100.000,-. Sekilas amat mirip dengan uang pecahan 100 ribu yang lama ya. Mudah mudahan semakin semarak aja nih ekonomi bangsa Indonesia. Oh ya Selamat Hari Kemerdekaan RI yangle 69 tahun ya. Merdekaaaaaaaaaaaaaaa

wah berati besok ya kang, terus uang yang lama 2004 masih berlaku khan?. kalau gak berlaku saya harus mecahin celengan nih hehehe

Pengen segera memegang aslinya... apa lagi kalau banyak jumlahnya :)

Katanya tanggal 17 Agustus 2014 semua bank libur, ternyata jadi di edarin juga tanggal 17 :)

Indonesia nambah umur baru, uang juga baru nih.
bentar lagi udah beredar di masyarakat. semoga aja berita ini di pahami masyarakat kita, biar enggak bingung nantinya. entar masyarakat pelosok malah ngiranya ini uang palsu lagi.

Waduhhh ada uang baru nih besok,asekkkkkkk.

wah saya juga kurang tahu mas sepertinya sih belum dilaksanakan tuh :D

Sekilas memang masih mirip denngan uang pecahan 100 ribu yang lama, cuma ada beberapa perubahan desain aja, selamat HUT RI juga ya kang, Merdekaaa :)

Wah kemajuan nih, bener-bener NKRI udah mempunyai ciri khas dalam pengembangannya dari tahun ke tahunnya.

Semoga aja bisa kembali ke sen nilai uangnya. ^.^

Masih berlaku kang selama ijinnya belum dicabut sama pemerintah mah :)

siap-siap aja besok mas nongkrong di ATM :D

kalau ngga di telek-telek ng'liatnya ngga bakalan tau perbedaan uang lama dengan yang baru ya kang, soalnya cuman dikit dan konsep dasarnya tetap sama ya.

iya mas mulai berlaku dan diedarin tanggal 17 besok, tapi masalah banknya libur atau ndak saya gak tau deh :D

makanya harus disosialisaikan biar masyarakat gak mengira ini uang palsu, khususnya buat para orang tua yang tinggal di desa-desa :D

iya kang bentar lagi ada uang baru dan sebentar lagi ada presiden baru :D

kalo kembali ke sen seperti kembali ke jaman dulu lagi dong mas :D

iya kang kalo gak dicermati secara jeli mah sepintas emang masih mirip dengan uang lama cuma ada beberapa perubahan doang :)

iya mas, uang barunya kayaknya nggak begitu beda jauh dengan yang lama yah mas :)

Yaahhh.. sayang banget deh..
coba aja du uang 2 ribu, pasti banyak banget yang bisa nikmatin perubahannya hehe..
kalo 100 ribu, saya jarang banget megang uang segitu gan :D

wah, sekarang NKRI disertakan dalam mata uang. tapi kok hanya pecahan 100 ribu saja ya mas :)

menyambut HUT RI Ke 69 ada uang NKRI ^^

itu sebagai tahapan awalnya mas, untuk kedepannya seperti yang ditulis di situs menteri keuangan kemungkinan akan ada juga pecahan uang lainnya, kan dah ada diperaturan undang-undangnya :)

Tapi di daerah-daerah perbatasan penduduknya lebih nyaman menggunakan uang dari negara tetangga. Wah, jadi pengin cepat pulang ke Indonesia dan megang uang rupiah yang baru.

iya ya mas coba kalo diperbaharui juga uang pecahan mulai dari 1000 pasti banyak yang bisa ngerasain deh megang uang yang barunya :)

uang 100 ribu yang baru sekilas memang tidak ada perbedaan yang signifikan, utamanya dalam segi tampilan, tapi kalau dilihat secara seksama terlihat seklai perbedaannya, utamanya pada tanda tangan ;)

Penasaran dengan uang baru NKRI, belum nyampe di tempat ane.

kelihatannya mirip dengan uang yang lama ya..

keren banget tipsnya. blog yang seperti ini yang saya suka..selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca..update trus sob by
cara mendapatkan uang dari internet


EmoticonEmoticon