Asal Muasal dan Sejarah Lomba Panjat Pinang

Asal Muasal dan Sejarah Lomba Panjat Pinang
MarnesKliker.com - Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini merupakan suatu anugerah dan kenikmatan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita sebagai warga Negara Indonesia  untuk menghormati dan menghargai atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk kemerdekaan bangsa ini. 

Bicara tentang kemerdekaan yang baru saja kita rayakan, tentu sudah menjadi pemandangan yang sangat umum ketika dihari perayaan kemerdekaan tersebut, hampir disetiap daerah mulai dari lingkungan RT, RW, Kelurahahan, Kecamatan hingga tingkat Nasional, banyak digelar berbagai jenis perlombaan. Mulai dari perlombaan tradisional seperti lomba makan kerupuk, balap karung, memasukan paku ke dalam botol dan lomba-lomba lain yang bernuansa 17 Agustusan. Tapi dari keseluruhan perlombaan tersebut, bisa dipastikan bahwa yang menjadi puncak acara lomba adalah Panjat Pinang. ( Baca juga: Rayakan HUT RI, Jokowi Main Bola Bareng Artis dan Warga Waduk Pluit )

Pada postingan sebelumnya saya telah bahas mengenai Asal Muasal dan Sejarah Bendera Merah Putih, ternyata lomba panjat pinang pun mempunyai asal usul dan sejarah yang cukup panjang, yang mungkin banyak diantara kita terlebih lagi generasi muda masa kini yang belum mengetahui asal muasal dan sejarah panjat pinang tersebut. Memang ada pro dan kontra mengenai perlombaan panjat pinang ini. Disatu pihak berpendapat bahwa sebaiknya perlombaan ini dihentikan karena dianggap mencederai nilai-nilai kemanusiaan. Sementara pihak lain berpikir ada nilai luhur dalam perlombaan ini seperti kerja keras, pantang menyerah, kerja kelompok atau gotong royong.
Asal Muasal dan Sejarah Lomba Panjat Pinang
Cara permainan lomba panjat pinang
Sebatang pohon pinang yang lurus dan tinggi serta dilumuri dengan pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas batang pohon pinang itu, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon.

Batang pohon pinang lurus itu licin karena telah diberi pelumas, para peserta panjat pinang sering kali jatuh dan terus mengulangi menaiki sampai berhasil meraih hadiah di atas. Kreativitas dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton. Hadiah tersebut kemudian dibagikan kepada para peserta masing masing.

Asal muasal daan sejarah panjat pinang
Panjat pinang berasal sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu. Lomba panjat pinang diadakan oleh orang-orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain sebagainya. Namun yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi yang menjadi peserta dalam panjat pinang tersebut. Berbagai hadiah pun sudah disiapkan yang nantinya akan diperebutkan oleh peserta panjat pinang. 
Asal Muasal dan Sejarah Lomba Panjat Pinang
Panjat Pinang pada masa penjajahan Belanda Papua, 1915 
Koleksi Tropenmuseum Belanda
Hadiah biasanya berupa bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian seperti kemeja, maklum karena di kalangan pribumi barang-barang seperti ini termasuk mewah kala itu. Sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, orang-orang Belanda hanya menonton sambil tertawa terbahak-bahak melihat perjuangan kaum pribumi yang ikut panjat pinang. Intinya, panjat pinang ini dianggap sebagai hiburan sekaligus lelucon bagi orang-orang Belanda pada waktu itu. Bahkan peraturan panjat pinang ini tidak berubah dari dulu hingga sekarang.

Pro-kontra lomba panjat pinang karena dianggap melecehkan
Coba anda bayangkan kondisi pada masa penjajahan dulu, ketika warga negara Indonesia bersusah payah dengan berlumuran keringat, para Penjajah Belanda dan keluarganya tertawa terbahak-bahak melihat penderitaan Bangsa Indonesia. Dan mungkin saat ini, ketika perayaan 17 Agustus, mereka masih tertawa terbahak bahak, menyaksikan bahwa budaya yang mereka buat dengan tujuan melecehkan Bangsa Indonesia, ternyata justru di lestarikan dan dijadikan sebagai tradisi.

Saat ini bentuk permainan panjat pinang masih bertahan hingga sekarang, ada pihak yang tidak mempermasalahkan sejarah permainan ini, tapi ada juga yang tidak setuju dengan budaya ini. Jika sejarah panjat pinang begitu menyakitkan mengapa harus di lestarikan. Yang pasti ada beberapa kontroversi seputar perlombaan panjat pinang ini.

Perlombaan panjat pinang oleh sebagian warga Indonesia percaya itu adalah tantangan pendidikan yang mengajarkan orang untuk bekerja sama dan bekerja keras dalam mencapai tujuan mereka. Sebagian yang lain mengatakan panjat pinang merupakan tampilan merendahkan yang mengirimkan salah jenis pesan untuk pemuda Indonesia. Apapun kontroversi yang ada pada perlombaan panjat pinang selalu menjadi tradisi yang unik di negara Indonesia.

Bagaimana menurut Anda? Silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar seputar pembahasan di atas pada kolom komentar yang tersedia. 

Sumber: dari berbagai sumber
Sumber gambar: kaskus.co.id, kobarksb.com

42 komentar

hmmmm, ternyata itu ya kang asal muasalnya dan sejarah adanya Lomba Panjat pinang. saya waktu kecil dulu paling demen lomba panjat pinang, selain itu lomba makan kerupuk juga xixixiiiii..... seru sih lombanya :D

kalo panjat pinang saya jarang banget ikutan kang, soalnya pernah waktu dulu masih SMP ikutan panjat pinang malah badan saya pada baret karna pohon pinangya masih kurang licin banget, udah gitu badan berasa pada pegel semua lagi... dari situ ampe sekarang gak pernah ikutan panjat pinang lagi :D

klo diliat lagi dari sejarahnya, panjat pinang melecehkan harga diri bangsa ckck kenpa masih di lakuin pas hari kemerdekaan ya

Pertanyaan yang sangat bagus sobat hahay...
saya punya kalimat bijak nie yang maknanya cukup dalem banget untuk menjawab pertanyaan "kenapa ampe sekarang lomba panjat pinang masih dilakuin?"

"Dari pikiran lahirlah perbuatan, dari perbuatan lahirlah kebiasaan, dari kebiasaan lahirlah gaya hidup, dari gaya hidup lahirlah kepercayaan"

Kebiasaan inilah yang sekarang sudah menjadi gaya hidup dan akhirnya keluarlah pernyataan bahwa hal tersebut adalah sudah menjadi tradisi yag harus dilestarikan.

Hahaa...gambar nya lucu banget mas... bisa aja buatnya.
tp btw terimakasih mas atas sharingnya tentang asal muasal panjat pinang ini.

kalau saya sih pro bos, tanpa disadari itu mengajarkan untuk bekerjasama meraih impian...

kalo saya pro apa kontra ya? saya pilih golput aja deh hehehe...

iya mas mayan lucu juga, boleh nemu dijalanan itu juga :D

Gambar yang kedua unik, kreatif, dan sedikit "propokatif", he-he.

waw,, foto yang paling atas keren bingit mas. hehee makasih ulasannya mengenai asal muasal panjat pinang..

rasanya khas sekali, setiap perayaan 17an pasti ada lomba lomba tradisional seperti itu

Kalau udah 17 agustus pasti heboh dengan panjat pinang ya mas ehehe.
tapi saya belum pernah ikutan lomba panjat pinang lo :D

sama-sama mas, makasi juga dah berkunjung disini :)

OK, di mata para penjajah mungkin memang suatu hal yang konyol. Tapi, beruntungnya sebagian besar daripada bangsa kita menganggap bahwa permainan itu mengajarkan pentingnya perjuangan dan kerja sama.

Menurut saya pribadi, kita lihat sisi positifnya saja sebagai salah satu hiburan rakyat yang menyenangkan bagi semua kalangan.
Ketawa guling-guling melihat ilustrasi Jokowi dan Pak Wowo sedang main panjat pinang. hahaha

saya siap lecet dan baret sekujur badan, asal peserta panjat pinangnya kaya gambar yang paling atas itu...ikhlas pisan da.

weh ternyata ada sejarahnya juga yamas,baru ngeh setelah membaca artikel ini nih

Setuju banget, kita ambil sisi positifnya aja kalo yang negatif-negatif mah buang aja ke laut ya, beres kan? hehehe...

Terlepas ada pihak yang pro dan kontra, yang jelas permainan panjat pinang ini merupakan perlombaan yang khas dan unik di negara ini :)

iya mas walaupun badan berasa pada pegel semua tetep gak dirasa, baru berasa kalo lombanya dah usai. Ya sekali-kali coba aja ikutan mas biar bisa ngerasain panjat pinang

iya mas, sudah menjadi ciri khas kayaknya, selain di Indonesia kalo gak salah di Tiongkok pun lomba panjat pinang ini sangat terkenal mas :)

wah itu sih samanya kaya' mas Reo kang, tapi saya juga mau ding :D

iya mas ada sejarahnya ternyata :)

Wah, sudah nambah wawasan saya tentang asal muasal panjat pinang...Terima kasih banyak mas Marnes...

begitu toh asal muasal panjat pinang,tapi untuk sekarang malahan yang namanya panjat pinang identik dengan 7 belasan yah Kang,padahal dulunya hiburan untuk acara hajatan ,,heuheu seruuuuu

Baru saja kemaren pas malam minggu 17 agustus lalu , di desa saya ada lomba panjat pinang :D

wah ternyata peninggalan belanda juga toh lomba panjat pinang ini tp dilaksanakan terus setiap peringaatan 17an ya...

sama-sama pak, terimakasih juga atas kunjungannya disini :)

iya kang ternyata awalnya mah buat acara hajatan seperti pernikahan, tapi sekarang di Indonesia panjat pinang ini identik dengan acara agustusan ya :)

Mungkin hampir disetiap daerah ngadain lomba panjat pinang kali mas, cuma di lingkungan RT saya nggak ngadain kayaknya :)

iya neng, padahal hadiahnya cuma kantong plastik kresek ya :D

kalau ada acara panjat pinang seperti foto yang pertama, pasti penontonnya akan snagat full tu Mas :D

pernah baca juga tentang panjat pinang, yah apapun itu asalkan saat ini bisa jadi kegiatan positif kenapa enggak :)

iya mbak karna dianggap sudah tradisi oleh masyarakata Indonesia :)

Dijamin 100% bakalan rame ya mas :D

Intinya ambil sisi positifnya aja, gitu ya mas :)

pasti Mas, bukan 100% lagi, tapi 999,99% malah :D

Kenapa dilestarikan,itu membuktikan bangsa kita kurang peduli bahkan lupa terhadap sejarah..

Klo dilihat dari filosofi perlombaan itu sendiri mmg berarti bahwa dgn kerjasama dan kerja keras kita bisa mencapai apa yg kita inginkan, terlepas dari sejarah yg mengatakan bahwa ini adalah bentuk pelecehan kepada kaim pribumi saat masa penjajahan Belanda, mungkin diambil positifnya aja kali yaa

Memang nilai hidup yg bs dipetik:kerjasama,kreatif,daya juang,pantang menyerah,kesabaran,resiko hidup,kedisiplinan,sportivitas,semangat.Usulan sy sebaiknya faktor keamanan sgt perlu diperhatikan,misalnya di bawahnya air yg cukup dlm atau jaring pengaman.


EmoticonEmoticon