9 Hal yang Perlu Dipersiapkan dan Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran

Marneskliker.com - Lebaran tinggal sebentar lagi dan kini saatnya musim mudik pun telah tiba. Seperti yang sudah saya share pada postingan sebelumnya mengenai Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia, dimana ada salah satu tradisi yang tidak pernah terlewatkan oleh masyarakat Indonesia, yaitu tradisi mudik lebaran

Mudik sudah menjadi agenda tahunan dan merupakan tradisi yang tidak pernah dilewatkan masyarakat Indonesia. Semua orang berbondong-bondong pulang kampung untuk bersilaturahmi bersama sanak keluarga. Alternatif mudik yang disediakan pun bermacam-macam mulai dari kendaraan umum darat, laut, udara hingga kendaran pribadi.

Mudik adalah kegiatan yang dilakukan para perantau untuk kembali pulang ke kampung halamannya dan merupakan hal yang dinanti-nanti bagi mereka yang merantau ke berbagai sudut kota di Indonesia. Mudik menjadi kebudayaan turun-temurun yang terus dijalankan oleh masyakarat Indonesia. Lebaran tanpa mudik rasanya gimana gitu? 
mudik 2016, hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik lebaran

Beberapa hal yang umum dilakukan untuk menyambut tradisi mudik ini. Mulai dari pemesanan tiket angkutan darat, laut, dan udara itu dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba, mempersiapkan kendaraan mudik, dan tak pernah ketinggalan mempersiapakan oleh-oleh yang akan dibawa untuk sanak keluarga di kampung. Tentunya saudara di kampung halaman juga sangat menantikan momen ini. Ada rindu, ada harapan, dan ada banyak cerita yang akan mereka bagi bersama.

Apapun sarana yang digunakan alangkah baiknya jika anda selaku pemudik memperhatikan segala sesuatunya secara mendetail untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Persiapan yang baik dan matang akan menjamin kelancaran perjalanan mudik anda. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda melakukan mudik lebaran :

1. Membuat atau mencatat daftar barang bawaan

Langkah awal yang paling mudah yang bisa anda lakukan adalah membuat atau mencatat daftar barang bawaan. Daftar bawaan apa saja yang akan anda bawa ketika mudik. Daftar tersebut akan sangat membantu anda meminimalisir kelebihan barang bawaan yang tidak berguna untuk dibawa ketika mudik. Menghindari barang bawaan yang tidak penting dapat membuat perjalanan anda lebih nyaman. Selain sebagai pengingat barang penting  apa saja yang akan dibawa, daftar ini juga akan berguna menjadi pengingat barang yang harus dibawa kembali setelah mudik berakhir sehingga dapat mencegah tertinggalnya barang tersebut.

2. Cek jadwal keberangkatan

Hal ini perlu anda lakukan jika anda berangkat menggunakan kendaraan umum seperti bis, kereta, atau kapal, pastikan jadwal keberangkatan dengan baik. Sesuaikan dengan jadwal cuti anda di tempat anda bekerja. Jika tiket sudah ada di tangan anda, simpan di tempat yang aman dan mudah diingat. Jangan sampai ketika waktunya telah tiba anda masih sibuk mencari-cari tiket atau kehabisan tiket.

3. Cek kendaraan pribadi

Poin ke tiga ini ditujukan bagi anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi baik menggunakan sepeda motor atau mobil sebaiknya anda mengecek kondisi kendaraan mulai dari rem, klakson, lampu, kemudi dan lain sebagainya. Anda perlu melakukan perawatan maksimal pada kendaraan anda supaya nyaman berkendara. Selain itu lengkapi surat-surat kendaraan anda dan jangan lupa membawa alat perbengkelan. Pastikan juga budget untuk bahan bakar kendaraan cukup.

4. Cari informasi kondisi jalur mudik

Informasi tentang kondisi jalur mudik sebaiknya dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu menentukan jalan mana yang paling aman dan efektif untuk dilalui pada saat mudik. Setidaknya dengan pemilihan jalan yang tepat maka kemungkinan terjebak macet akan lebih kecil.

5. Obat-obatan pribadi

Obat-obatan pribadi menjadi salah satu hal krusial yang perlu anda ikut sertakan saat mudik. Bagi anda yang mengidap penyakit tertentu, obat-obatan jangan sampai anda tinggalkan. Selain obat-obatan pribadi yang menyangkut penyakit yang anda alami, tentunya ada obat-obatan umum yang wajib anda bawa, seperti minyak angin, obat diare, obat anti mabuk kendaraan, obat maag, obat panas, obat sakit kepala, obat untuk luka luar, kapas, plester, dan lain-lain. Obat-obatan darurat ini gunanya untuk pertolongan pertama datangnya penyakit umum yang sering kali mengintai anda dan keluarga saat mudik. Dan jangan sampai lupa cek juga masa kadaluarsa obat, salah-salah anda nanti malah sakit karena mengkonsumsi obat lawas yang sudah kadaluarsa.

6. Perbekalan

Jika perjalanan mudik anda menggunakan transportasi darat atau laut, biasanya membutuhkan waktu yang lama. Tergantung seberapa jauh dan kondisi kepadatan lalu lintas yang akan anda tempuh untuk menuju kampung halaman. Untuk itu, perbekalan menjadi hal wajib yang perlu anda bawa. Yang paling vital adalah sediakan air putih. Air putih membantu anda untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lengkapi juga perbekalan anda dengan makanan bergizi dan tidak mudah basi. Bawa bekal secukupnya saja sebagai pengganjal perut saat macet dalam kendaraan di daerah yang tidak ada penjual makanan. Mungkin bagi anda yang menggunakan kendaraan sepeda motor sih gak terlalu masalah karna bisa berhenti sejenak untuk membeli makanan di warung terdekat tapi bagi anda yang menggunakan kendaraan umum tentunya bekal menjadi hal yang wajib yang harus anda persiapkan untuk dibawa.

7. Jaga kesehatan

Kondisi tubuh ayng fit menjadi modal utama ketika mudik. Anda harus menjaga kondisi tubuh anda agar tetap sehat dan prima ketika berkendara. Oleh karena itu sebelum melakukan perjalanan anda perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi, tidur yang cukup dan banyak minum air putih. Ketika mengantuk dalam perjalanan sebaiknya istirahatkan tubuh anda terlebih dahulu baru melanjutkan perjalanan. Jangan terlalu memaksakan diri jika rasa kantuk sudah mulai menyerang anda.

8. Dokumentasi dan Sellular

Ini bukan hal yang terlalu penting namun bagi anda yang ingin memanfaatkan dan mengabadikan momen mudik anda, tidak ada salahnya jika  anda mempersiapkan fotografi anda mulai dari baterai, memory card, tripod, kamera dan tasnya untuk menemani anda merekam momen mudik. Selain itu juga isi baterai handpone anda dan pulsanya untuk membantu anda ketika dalam keadaan darurat. Untuk menemani anda agar tidak cepat merasa jenuh, anda juga bisa menyiapkan MP3 sebagai media hiburan di jalan. Terlebih lagi dijaman sekarang nie gak terlalu ribet, karna sebagian besar selullar sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa anda gunakan sebagai media dokumentasi, seperti memotret dan mendengarkan musik dari mp3 player yang ada di selullar anda.

9. Jangan lupa Berdo'a

Sebelum melakukan perjalanan yang pertama dilakukan yaitu berdoa untuk keselamatan anda dan keluarga dalam perjalanan. Dan semoga bisa sampai tempat tujuan dengan selamat.

Jika semua langkah di atas sudah anda lakukan, tentunya anda sudah siap untuk mudik. Selamat lebaran dan selamat bermudik ria....

39 komentar

cek jadwal keberangkatan itu sangat penting mas.. kalau sampai ketinggalan bisa sangat fatal akibatnya ya mas hehehehe :D

Betul banget mas, kalo ampe ketinggalan bisa celaka dua belas itu :D

apalagi urusan perbekalan tu kang xixiii..... kalo kurang bisa mudik gak bisa balik lagi dah kehabisan ongkos :D

Kayak nya ane gak mudik dehh untuk tahun ini sobh hehe
tapi thanks banget deh tips nya... :)

10. Uang
ngasih uang buat yang ada di desa :D hehe

Tahun ini saya ngak mudik Mas,,, jadi kuncen sajah he....

klo saya gk pernah musdik mas, karna gk pernah pergi kemana-mana..wkwkwkwk

wahhh sayamah nggak bisa mudik Kang hehe,,,,paling nanti setelah lebaran baru bisa mudik,Tapi terimakaish untuk tipsnya Kang...

saya ikut mendo'akan saja semoga kalian yang pada mudik selamat dan sampai tujuan, amiin

selamat Sore mas... Mudik memang sudah mencari Acara yang paling Meriah setiap Tahun ya Mas, Untuk tahun ini saya sudah tidak mudik lagi karena sudah tinggal di kampung halaman Mas...

saya mah nggak perlu mudik mas soalnya rumahnya udah diudik.hehehe

ijin nyimak aja deh , soalnya saya tiak mudik ( tinggal di kampung )

hehe jelas berdoa itu yang paling penting :D wiih blognya dah pke tldt, tambah keren aja nih blognya mas :D

yang pasti THR nya mas hahahaha

Semuanya memang yahud tips nya. Untuk yang mau mudik Lebaran, mungkin ada yang beberapa blogger yang sudah "ngacir mudik ke daerah masing masing, kami sekeluarga di Pontianak (Kalimantan Barat) turut mendoakan semoga sampai ke tujuan dan kembali ke kampung Halaman dengan selamat. Kami sekeluarga di Pontianak tahun ini belum dapat kesempatan untuk Mudik ke Bekasi dan Jogjakarta. Insya Allah lain waktu dan kesempatan Mudik deh. Buat yang Mudik, atau sedang berada di Perjalanan Mudik diucapkan met jalan, Hati Hati di Jalan ya.

saya tidak ikutan mudik mas tapi poin-poin di atas memang sangat penting terutama yang nomer 9 itu yah mas, makasih sharingnya :)

Selamat malam Mas... Saya minta ijin Follow blognya ya Mas, Kalau berkenan saya juga minta tolong untuk follback di blog terbaru saya karena blog yang baru baru saya buat dihacker dan dihapus lagi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sepertinya ada yang Iri dengan Blog yang saya kelola Mas....

Terima kasih atas tipsnya, Mas. Tapi Lebaran tahun ini, untuk kelima kalinya, saya masih belum bisa mudik :(

selamat idul fitri mas, minal aidin wal faizin jika ada salah selama blogwolking saya mohon maaf lahir dan batin..

Selamat Idul Fitri mas domain baru nih, sambil kenalin blog saya yang baru http://kesehatan-dijaga.blogspot.com masih blogspot mas hehehe happy blogwalking ya.

berdoa paling penting tuh , buat keselamatan

Berdo'a, cek barang, membawa obat dan selalu waspada itu yang terpenting BAGI SAYAH hehehe tapi tips dari agan juga penting" semua :D

Saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan batin, salam

berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin ya ^_^

Kalalu yang namanya bawa perbekalan jangan sampai lupa ya Kang.

Salam

Mas Marnes habis mudik ya, kalau saya mudiknya antar kecamatan saja, gak jauh-jauh. jadi kadang tidak direncanakan lebih dulu :D

wah..maaf baru maen kesini lagi.

Mohon maaf lahir dan batin ya kang, saya teh suka becandaan mulu...yeuh

iya kang lumayan mumpung liburnya lumayan rada lama jadi bisa kumpul bareng sama sanak keluarga dikampung :)

Wah wah yang baru pulang Mudik ya Mas Marnes Kliker. Hiehiehei. Wah pasti seru nih. BaNYak oleh oleh cerita dan non cerita nih selama Liburan Mudik. Saya mau dikirimi oleh oleh cerita selama MUDIK mas Marnes Kliker. Namun oleh oleh NON CERITA boleh kok dikirim pake Paket JNE atau Pos. Apa aja deh yang penting bisa digigit. Hiehiheiheiheee

pinjem sama tetangga, atau nekat ikut numpang dengan mobil keluarga yang searah...:-)

wah masih mudik apa sudah balik nih kang...

mohon maaf lahir batin aja ya kang...

Duuh, saya belum pernah mudik, gak punya kampung halaman buat dipake mudik hhe

Kalo menurut saya yang peting adalah kendaraan dan jadwal keberangkatan serta doa. tp kalo anak skrg malah sibuk nyiapin hp dan power bang biar bisa jadi dokumentasi heheh

saya yang sering naik sepeda motor harus berhati-hati nih, :)
apalagi zaman sekarang banyak begal. :') salam

many advance of you and i think that is enought we must care and that will many people like this with good imformation free download lagu ,

10. Jangan lupa pulang,,,
Jadi pngen mudik lagi nich

Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini
Peluang menguntungkan, gak perlu keluarin biaya banyak Di Dominobetqq
merefrensikan teman dapet bonus dan bonus Refferal 20% seumur hidup
Mini D3p0 10Rb
Mini Wd 25Rb
PIN BBM : 7B72C6E1
WA : +855968124428
Link Daftar : goo.gl/Xc1WWA


EmoticonEmoticon