Sebab-Sebab Terjadinya Bencana

Assalamu’alaikum…

Salam sejahtera untuk kita semua. Meskipun banyak terjadi bencana disana sini semoga kita selalu Istiqomah dalam meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT.
Sebab-Sebab Terjadinya Bencana
Ketika musibah bencana kerap terjadi di negeri ini, tentunya menjadi sebuah pertanyaan besar bagi kita “Mengapa di Negeriku Terjadi Bencana?”. Saya tertarik ketika kemarin membaca salah satu buletin pada saat sedang menunggu Imam naik mimbar untuk memberikan khotbah Jum’ahnya. Disitu ditulis ada seorang guru bahasa inggris bernama Yudi Ismanto mengatakan, selama SBY menjabat jadi presiden, banyak sekali terjadi bencana secara gradual di beberapa daerah. Tentunya kita masih ingat beberapa tahun silam pernah terjadi bencana berskala Nasional yaitu tsunami di Aceh dan diakhiri dengan bencana Nasional berupa banjir dan tanah longsor di beberapa daerah serta meletusnya gunung Sinabung, dan yang paling terbaru yaitu meletusnya gunung kelud dan masih banyak lagi bencana lainnya. Berkaitan dengan bencana di era kepemimpinan SBY, dia menjawab, mungkin atau sepertinya Allah SWT tidak ridho dengan kepemimpinannya.
Sebab-Sebab Terjadinya Bencana
Sebab-Sebab Terjadinya Bencana
Secara sepintas, mendengar jawaban di atas sepertinya Pak Yudi seakan-akan sedang menyudutkan dan menyalahkan presiden SBY, tidak mau melihat realita kondisi masyarakat Indonesia yang ada. Namun, jika kita mau melihat kontek sejarah yang di ungkap Al Qur’an, tentu pernyataan Yudi bisa dibenarkan. Karena untuk mengungkap sebuah peristiwa, untuk lebih memudahkannya, cukup dengan menyebut pemimpin pada masa itu. Misalnya, bencana yang terjadi pada kaum Tsamud, “Add, dan Fir’aun. Termasuk juga bencana yang pernah menimpa umat pada masa nabi terdahulu, seperti kaum Nabi Luth, kaum Nabi Nuh, dan kaum nabi-nabi yang lain.

Menurut pandangan Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits Nabi SAW bahwa bencana terjadi disebabkan beberapa faktor, antara lain :

1. Perilaku Manusia
Menurut penuturan Sang Pencipta Langit dan Bumi, melalui firman-Nya di dalam Al Qur’an, dinyatakan bahwa terjadinya kerusakan di atas bumi ini disebabkan oleh perbuatan manusia.
“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS Ar Rum 41)

2. Berbuat Dusta
Masih menurut penuturan Sanga Maha Pencipta Alam Semesta, yang disampaikan dalam Al Qur’an bahwa munculnya bencana di dunia disebabkan karena penduduk dan masyarakat suka berbuat dusta. Mereka mendustakan ayat-ayat-Nya dengan melakukan perbuatan maksiat dan dosa. Bahkan mereka merasa bangga dengan dosa-dosa yang mereka lakukan. Seharusnya umat manusia masa kini mau belajar lebih banyak pada umat terdahulu, yang pernah mendapat adzab dan siksa dari Allah SWT yang disebabkan karena mereka sering berdusta.

3. Berbuat Dosa
Terjadinya bencana atau musibah di negeri ini, disamping karena ulah tangan mereka sendiri dan kesukaan mereka dalam berbuat dusta, juga karena penduduk negeri ini suka berbuat dosa. Bahkan mereka merasa ban gga dengan dosa-dosanya. Hal ini dijelaskan oleh Allah SWT melalui firman-Nya.
“…Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepeda mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik”. (QS Al Maidah 49)

Demikianlah postingan yang cukup ringkas mengenai Sebab-Sebab Terjadinya Bencana, semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari setiap musibah yang terjadi di negeri ini.

Wallahu ‘alam bishshawab
Oleh : Muhammad Hisyam Asyiqin


Wassalam…

37 komentar

untuk yang terakhir ane setuju bang sebab saya masih banyak melakukan ini

Yes Pertamax, Petromax saya dapatkan
hahaha

saya paling setuju dengan poin number 1 mas,
semuanya itu ulah prilaku manusianya itu sendiri

Kedahuluan 1 detik dari mas sarofudin nich

kayanya kita perlu lebih banyak instropeksi diri ya gan..

iya mas termasuk admin yang tak pernah luput dari salah dan lupa, mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmahnya :)

Pertamaxnya dah keduluan ya mas, gak apa-apa masih dapet jatah premium kan hehehe....

Selamt sore Mas Marnes semoga baik-baik saja yah Mas? sangat bermanfaat
Artikel nya Mas dan ke tiga point teks artikelnya saya sangat setuju dan sangat
Memotivasi semoga kita semua sadar dengan lingkungan, agar semuanya baik :)

bencana di Negeri kita ini akhir akhir ini memang sepertinya datang silih berganti ya Mas. Semoga saja kita semua bisa mengambil Hikmah dari semua Bencana yang telah terjadi...

min Allah humma Amin semoga Doa ,Mas Sarofudin + Mas Marnes
Di khobulkan Allah SWT dan semoga kita semua termasuk orang yang
Pandai Bersyukur Amin, . :)

Selamat sore juga Mas Karrys...
Mudah-mudahan aja mas jadi lebih memotivasi kita untuk introspeksi diri sehingga kita tersadar bahwa apa yang terjadi merupakan sebab akibat dari kita sendiri :)

Kalau membahas SBY saya selalu merasa yakin bahwa kelak selepas hengkang dari jabatan nya, SBY bakal di jerat berbagai masalah yang kian serius.. Bisa jadi sampe dipenjara! Ini bukan ramalan, tapi berkenaan dgn beberapa isu menyangkut dirinya dan keluarganya.. Dan bukan hanya 1 persoalan, tp banyak! Kalau sekarang kan masih ada poin2 hukum dan kebijakan yg melindunginya.. Kita tunggu saja tanggal main nya! Turut prihatin, paling itu kata dia hehehe..

Berkenaan dengan kelud, ini adalah salah satu bentuk aktualisasi cinta dari Tuhan.. Karena selepas Kelud, akan ada kehidupan lain di balik kesuburan yg diciptaNya :)

cukup simpel sebab2 terjadinya bencana tapi memiliki makna yang sangat luas..

banyak juga ya mas penyebab bencana. Tapi memang benar bahwa ulah manusia juga sangat berperan dalam menimbulkan bencana. Sehingga harus pada taubat ya mas :)

Banyak penyebab dari unsur terjadinya bencana. Namun, hal ini lebih banyak di perdebatkan dan menjadi konsumsi publik semata. Lebih baik kita saling berintropeksi dan berani mengambil sikap keputusan untuk terhindar dari hal-hal seperti ini ya Mas.

Salam

pencerahan nih kang Marnes,memang bener sih,terjadinya kerusakan dimuka bumi ini akibat ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab,,,,

ratapi saja yang ada, memang Indonesia ini pantas dicoba heu...

Yang pasti harus kita lakukan adalah memperbaiki diri sendiri dulu baru berbebah agar musibah tidak lagi melanda

saya setuju dengan beberapa uraian diatas, kita ambil contoh simpel nya saja.
pada sebuah keluarga misalnya, jika seorang makmum dari keluarga tersebut adalah seorang pemalas maka seisi keluarga pun akan kelaparan, jika seorang imam tersebut adalah seorang penjahat maka seisi keluarga pula akan mendapat imbas dari orang orang di sekitarnya,

Di awal kepemimpinan di sambut oleh bencana yang amat dahsyat, dan di ujung kepemimpinannyapun di akhiri dengan serentetan bencana pula

se7 bak, gak keren dong ya mbak, kalau seorang presiden di penjara hehehe

semoga badai yang di hadapi bangsa kita tercinta ini cepat berlalu yaa mas
dan mudah-mudah'an ini di jadikan para koruptor supaya janga korup lagi
:)

Amiin...mudah-mudahan saja mas membuat manusia menjadi sadar dan introspeksi karena telah banyak melakukan perbuatan dosa.

iya gan supaya kita tersadar dan segera berbenah sikap dan perilaku kita :)

Penuturan Mbak Tika kurang lebih sama dengan yang ada dalam benak saya, saya meyakini sepertinya ada keterlibatan antara SBY dengan beberapa kasus yang terjadi di negeri ini, salah satu kasus yang menonjol menurut saya masalah kasus Bank Century yang ampe sekarang masih belum tuntas pengusutannya

Yo'i mbak dimulai dari diri sendiri untuk selalu berperilaku yang baik sesuai dengan ajaran agama setelah itu baru kita bisa memberikan contoh yang baik buat orang lain.

Betul sekali Mas Arie, karena menjadi seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kepemimpinannya.

Iya kang, banyak tangan-tangan nakal di muka bumi ini hehehe...
yang penting kita jangan ampe ikut-ikutan nakal ya kang :)

Betul banget mas, gak ada gunanya kalo hal semacam ini cuma jadi bahan perdebatan, alangkah baiknya kita saling mengingatkan dan instrospeksi terhadap pribadi masing-masing :)

iya mbak harus segera bertabubat dengan taubatan nassuha, jangan taubatnya seperti taubat sambel aja hehehehe....

cukup simpel tapi bisa berakibat fatal ya mas :)

selamat siang maz marnez , , ,
renungan nya mantep banget ya maz . .

bencana merupakan salah satu tanda kebesaran yang diatas ya mas. Dengan adanya bencana, harapannya manusia bisa mengingat dan kembali ke jalan yang benar ;)

iya mbak cuma alangkah baiknya jangan menunggu terjadinya bencana mbak hehehe...

saling intropeksi diri aja ya mas masing" , dan kebanyakan pejabatnya memikirkan harta mulu alias korupsi.

klo diindonesia semuanya diatas ada mas, makanya sering terjaadi bencana, untungnya diindonesia masih banyak ulama dan para habaib yang berdoa keselamatan indonesia ini. mari kita doakan semoga orang yang berbuat seperti diatas cepat bertaubat. amin

musibah dan azab itu beda, jadi semoga diindonesia ini bukan azab tpi musibah amin


EmoticonEmoticon