Mengenang Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut'

Marneskliker.com - Hallo sobat, Gimana kabar sobat hari ini? Semoga kabarnya baik-baik saja ya. Postingan ini saya buat untuk Mengenang Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut' dan membuka kembali memori kita bahwa mereka para pelantun lagu-lagu di era 90'an pernah ada dan sempat menjadi idola bagi dunia musik Indonesia pada waktu itu. 
Mengenang Abiem Ngesti "Sang Pangeran Dangdut"
Abiem Ngesti
Masih ingatkah sobat foto di atas? Yang jelas itu bukan foto saya lho yah! Ingatkah sobat pelantun lirik "...Tak Kenal makanya tak sayang, tak sayang makanya tak cinta...". Itulah sepenggal lirik dari penyanyi legenda dangdut Indonesia yang melantunkan lagu "Pangeran Dangdut" ini?. 

Mungkin tak sedikit dari kita yang masih merindukan suara emasnya yang Rock n Roll. Ya, Abiem Ngesti atau yang dikenal dengan nama 'Pangeran Dangdut' ini sempat menjadi idola bagi dunia musik Indonesia, termasuk idola saya ketika waktu kecil dulu. Album-albumnya yang "dahsyat" mampu merubah persepsi orang tentang musik dangdut waktu itu.

Ketika banyak genre musik baru bermunculan yang sekarang lagi ngetrend, tak jarang kita dibuat rindu dengan lagu-lagu lawas yang pada era-nya pernah berjaya dan digemari banyak orang. Mengingat lagu-lagu masa kini cenderung mudah bosan dan mudah dilupakan, menurut saya loh. Hal itu terjadi mungkin dari segi liriknya yang kurang berbobot mungkin juga si penyannyi kurang menjiwai lagu yang dibawakannya, sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam lagu tersebut tidak begitu mengena ke si pendengar, maka tak heran kalo lagu-lagu dijaman sekarang eksistensinya hanya sebentar dan mudah redup diganti dengan lagu-lagu pendatang baru lagi.
Mengenang Abiem Ngesti "Sang Pangeran Dangdut"
Mengenang Abiem Ngesti "Sang Pangeran Dangdut"
Musik dangdut yang sebelumnya tidak direkomendasikan pemerintah, karena meniru-niru budaya India dan Timur Tengah. Berkat bakat dan suara Rock yang dimilikinya, Abiem Ngesti dengan dorongan sang ayah sebagai pencipta lagu-lagunya itu meroket dan mengubah persepsi orang tentang dangdut. Bahkan dia bisa mengkolaborasikan musik rock, hip-hop, melow dalam satu kesatuan dangdut yang sangat fenomenal. Dan saat itulah, sang superstar ini muncul dan meroket. 

Abiem Ngesti, pelantun lagu Pangeran Dangdut yang dirilis tahun 1992 merupakan satu-satunya penyanyi anak-anak yang kariernya "terus terang" meniti kariernya lewat jalur dangdut, dan sempat ngetop sebagai penyanyi dangdut remaja dengan mengeluarkan beberapa album seperti "Kugenggam dunia" dan "Dahsyat" (1995) sebagai penutup karirnya diusianya yang masih sangat muda. Lalu bagaimana dengan kisah hidupnya? Baca: Biografi Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut'.

51 komentar

pertamax dah itu aja.... kabur ah :p :p hahahahahahhahahahahahahahahah.

Mau kabur kemana sampean? ta' uber nie hehehe....

Masa sih mas? Mungkin Mas Valen gak suka musik dangdut kali jadi gak tau, kalo penyuka musik dangdut terlebih lagi daerah pasti tau dengan Abiem Ngesti kecuali mungkin mereka yang lahirnya setelah tahun 90'an kesini :)

ya bener kalo lahirnya setelah tahun 90'an kesini gak kenal pastinya :)

kok saya baru tahu yia, pancen ndeso.... hehehe......

sebelumnya maaf mas, saya kurang kenal dengan sang pangeran tersebut saya hanya tau bang haji.R. sesudah membaca post ini baru saya mengenal profil sang pangeran
:)

yang nyanyiin lagu gini ya liriknya
" Akulah pangeran dangdut yang akan mengguncang duniiiiiiiiiaaaaa "

benar gak sob

Makanya saya angkat kembali nie biar yang gak tau jadi tau hehehe....
kalo orang kampung seperti saya udah gak asing banget mas, waktu masih SD sering dengerin lagunya lewat kaset tape hehehe...

Gitu toh, bagi penikmat lagu dangdut khususnya mereka yang lahir sebelum tahun 90'an mungkin banyak yang tahu mas, terlebih lagi di daerah :)

Betul sekali Mas Onqi, dulu saya sempet punya kasetnya yang album perdana "Pangerang Dangdut" dan ternyata hampir semua lagu-lagunya sangat enak untuk didengar jika dibandingkan dengan lagu-lagu dangdut jaman sekarang :)

Waaw siapa bilang si admin marnes lebih ganteng dripada fto itu??? Ibunya marnes kaliii yaaa hahaha

Aku ingatnya itu lirik akulah si raja dangduuutt .
Yeah musik jaman mudah luntur,,, nggak bisa seperti musik jaman dulu..
Tapi kupikir ini bukan masalah lirik yang tak berbobot atau cara pembawaanya..

Banyak kok lirik jaman sekarang yang berbobot dan bagus pembawaanya tapi sering cepat sembunyi/malu kalii ya

Kalau menurutku karena jaman dulu hiburannya cuma itu" saja jadi nggak banyak saingan/ nontonnya tetep jadi mungkin lagu bisa tenar dan mudah dihafal. Sampai" terkenal kemana"...

Ngmong" marnes masih ingat si abiem ngesti emang waktu itu nggak masih orok yaaa

Iya mas
Dangdut terdahulu lebih punya bobot
hehehe

Inget saja mas marnes..bukannya mas ebiem ngesti ini kelahiran dari jepara mas

Ibu dan Abah saya yang bilang mbak kalo saya katanya guanteng hahahha...
Tapi kalo menurut saya masih jauh lebih bagus lagu jaman dulu mbak, mereka bisa terkenal ampe sekarang karna mereka memang mempunyai album yang bagus, coba mbak perhatikan lagu-lagu jaman sekarang walaupun gak semuanya. jaman sekarang jarang penyanyi yang bisa menghasilkan album yang bagus, kebanyakan paling membuat hits single doang...

Penyanyi jaman dulu bisa terkenal dan jadi legendaris itu karna kualitas vokalnya bagus sehingga banyak orang yang suka, tapi berbeda di jaman sekarang, banyak para penyanyi yang cuma mengandalkan fisik padahal suaranya cuma pas-pasan, ditambah lagi dengan embel-embel sensasinya lewat mass media yang jelas-jelas gak ada hubungannya dengan musik, sensasi itulah yang membantu mereka jadi terkenal. Tapi bukan terkenal karna lagu-lagunya melain terkenal karna kelakuannya :)

Waktu SD saya sering banget dengerin nie lagu mbak, kebetulan dulu saya juga punya kasetnya hehehe....

Abiem Ngesti kelahiran Kudus mbak tapi pernah sekolah SMP di Jepara :)

Wah ini idola Boku waktu itu Mas,..
nyanyi sambil jingkrak2 kalau pas dengarin pangeran dangdut..

ingat abem ngestie jadi rindu masa kecil mas,,, heheheh

Hehehee yeah dech marnes...!!!
Nieeeh ceritanya mau bikin artikel tempel apa gimana yea???

Di televisi swasta seperti RCTI dan TPI juga sering muncul waktu itu, mas. Share bagus untuk mengingat dekade 90-an..hehehe.

Alhamdulillah kang Marnes,saya sampai sekarang masih punya lagu mp3nya,karena anak saya sangat suka sekali akan lagu Pangeran Dangdut ini,padahal dia nggak tahu siapa itu Abiem Ngesti,cuma mungkin dari suaranya yang masih kekanakan,sehingga menganggapnya seumuran dengan dia,hehe,awalnya sih saya yang mendengarkan lagu Pangeran Dangtut itu,jujur saja saya memang suka akan lagu-lagu dangdut jaman dulu,eh anak saya malah ikut-ikutan hehehe

ehhh lupa kang,,,,minta ijin comot gambarnya Abiem yah hehehe,,,Haturnuhun kang....

wah ternyata ada juga ya mas pangeran dangdut di Indonesia, saya kira yang ada hanya raja dangdut aja yakni bang haji hehehe :D

Jujur saya baru dengar namanya Mas Marnes, dapat pengetahuan yang baru lagi nih :D

wis ojo podo uber uberan

1. abiem ngesti itu lagunya tetap enak di dengar sampai sekarang
2. album itu juga sebagai pertanda kelhiran saya hehe
3. ternyata orangnya ganteng ya bang hehehe

Jadi imut remember jaman dulu semasa Almarhum masih hidup yah Mas?
Dia sososk Penyanyi dangdut Cilik yang karirnya melambung pesat di tanah air :)

Ngiringa teks @comments na Mas Sarofudin abi mah Mas Marnes
Sae pisan nya. emang Adin blog nu ieu Ganteng pisan euy, pami abi
kasep teu nya..? hhhhh :D

sampai saat ini saya masih mengagumi sosok yang satu ini sob, walaupun sudah tiada tapi lagu lagunya masih asik untuk di dengarkan

sama mas waktu saya masih SD juga mengidolakan dia, emang suaranya enak di dengar ditambah lagi pada jaman itu penyanyi dangdut seusia dia jarang banget :)

iya mas, selamat bernostalgia kalo gitu hehehe...

kalo saya yang masih ingat itu lagunya Abiem Ngesti yang judulnya Dahsyat pernah dijadikan soundtrack film Balada Dangdut yang biasa ditayangkan di TPI (MNC sekarang), kalo gak salah yang jadi bintang utamanya Ajie Pangestu :)

Sumangga comot aja, kebetulan saya juga mengkoleksi lagu MP3nya kang :)

Sebenarnya sih predikat Pangeran Dangdut belum sempat disematkan secara meluas buat Abiem Ngesti, itu cita-cita dia ketika nanti sudah besar ingin menjadi Superstar Dangdut, namun apa hendak dikata takdir berkata lain. Di usianya yang masih muda, dia sudah dipanggil menghadap Yang Maha Kuasa.

Oh gitu ya, saya mah dah kenal dari jaman SD mas suka banget dulu dengerin lagu-lagunya, dan ampe sekarang ketimbang saya dengar lagu-lagu Boyband/Girlband, saya lebih memilih dengerin dangdut atau Jaipongan sekalian hehehehe.........

iya mas membuka kembali memori pada jaman 90'an, dimana lagu-lagunya Avbiem Ngesti sempat populer dikalangan masyarakat menengah ke bawah :)

Iya mas ampe saat ini lagu-lagunya masih dikenang dan banyak dicari ole para penggemarnya, banyak diantara fansnya yang memburu kasetnya kemudian diubah ke dalam format mp3.

walaaah belum sempat kenalan ya mas, sayang sekarang orangnya sudah tiada :)

wah upami dibandingkeun sareng Mas Karrys abdi mah teu aya nanaona atuh :D Ari Mas Karrys mah jaba kasep rupana, pinter deui :)

selamat siang maz marnes . . .
lihat rilis albumnya, , , tuhh aku baru lahir maz , , , hehehee

Oh iya mbak, setelah saya searching Abiem kelahiran Jepara, tapi saya juga menemukan dari pencarian di blog yang berbeda ada yang bilang di Kudus...jadi bingung saya yang mana yang bener tuh :)

Berarti Mas Ibnu baru berojol ya hehehe...kalo saya sih dah jingkrak-jingkrakan sambil maen petak umpet mas hehehe....

wah saya juga sempet denger lagunya tuh, bahkan sempet suka juga hehe...

hahaha . . iya baru brojoll tahun 92 . . hehehe

sepertinya saya belum pernah dengar mas abiem ngesti ini. Sepertinya sudah lama ya beliau ini tahun 80-an :)

ya kelahiran 1978 mbak tapi mulai dikenal dan populer antara tahun 1992 hingga tahun 1995 :)

kalo saya sih emang suka mas dengan lagu-lagunya, kalo saya lagi bosen dengan lagu-lagu band maka saya putar haluan ganti dengan lagu-lagu dangdut tempo dulu hehehe....

cuman terkenal 3 tahun berarti tuh mas .. ya

dia memang pantas jadi sang pangeran ya :D


EmoticonEmoticon