Biografi Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut'

Marneskliker.com - Setelah sebelumnya saya posting artikel berjudul Mengenang Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut', kali ini saya akan membahas tentang kisah hidup mendiang Abiem Ngesti, yang saya beri judul Biografi Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut'. Yuk mari kita flashback lagi ke era 90’an, ya itung-itung bernostalgia mengingat kembali masa-masa waktu kecil dulu dimana mungkin ada diantara sobat yang lahir di era 90’an. 
Biografi Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut'
Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut'
Masih ingatkah anda kalau dulu pernah ada salah satu program televisi paling fenomenal di tahun 90’an? Ya, Album Minggu Kita, itu lah nama programnya. Diantara kita generasi kelahiran 90’an tentu mengenal sebuah program ini yang secara rutin ditayangkan TVRI setiap hari Minggu jam 10 pagi.

Album Minggu Kita begitu populer dikala itu mengingat pertelevisian Indonesia masih satu saluran dan belum menjamurnya televisi swasta seperti sekarang. Jujur saja pada waktu itu saya belum punya TV dan biasanya saya numpang nonton TV di tetangga ketika ingin melihat tayangan hiburan televisi, salah satunya ya acara Album Minggu Kita ini. Maka tak heran ketika ada yang fenomenal langsung menggegap gempita ke seantero nusantara yang masih bisa tertangkap saluran TVRI.
Abiem Ngesti, pangeran dangdut album
Abiem Ngesti - Album Pangeran Dangdut
Abiem Ngesti adalah bintangnya. Seorang penyanyi cilik kelahiran Kudus, 30 Oktober 1978 dengan setelan Rock n Roll memegang gitar lalu berdendang, “Akulah pangeran dangdut yang akan mengguncang dunia”. Dengan suara tinggi khas anak kecil, lagunya 'Pangeran Dangdut' langsung menghipnotis penggemar dangdut yang  merata di kalangan menengah ke bawah. Musik dangdut yang sebelumnya tidak direkomendasikan pemerintah, karena meniru-niru budaya India dan Timur Tengah. Namun berkat kepiawaian Rhoma Irama yang berhasil merevolusi orkes melayu sehingga warna musik yang kemudian dikenal Dangdut menjadi musik alternative di tengah-tengah dominasi musik Rock ke segenap penjuru dunia kala itu.

Album pertama Pangeran Dangdut yang dirilis tahun 1992 berhasil membludak. Sehingga ayahanda Abiem Ngesti yang bernama Wiwien Ngesti bisa membeli mobil baru dari royalti album pertama ini. Setelah sukess dengan album pertamanya kemudian Abiem Ngesti meluncurkan album kedua, yang diberi judul 'Ini Dangdut'.

Perlu diketahui bahwa pada saat itu, disamping musik Dangdut, masyarakat Indonesia pun sedang mengalami demam (trend) musik Melayu aliran Slow Rock. Maka peluang ini pun dilirik juga oleh produser yang mengorbitkan penyanyi jebolan SMP Negeri 2 Jepara ini. Sehingga setelah sukses dengan album pertama dan kedua, maka munculah album ketiga dengan aliran berbeda dari sebelumnya,  Album “Kugenggam Dunia”. Di dalam Pembuatan video klip lagu ini featuring dengan Poppy Mercury, dimana penyanyi ini cukup tenar dengan lagu-lagunya seperti Surat Undangan, Terlambat Sudah, Antara Jakarta dan Penang yang saat itu sama-sama ngetop dengan jenis musiknya masing-masing.
abiem ngesti album, ini jaman uang
Abiem Ngesti - Album Ini Jaman Uang
Ketika beberapa wilayah Indonesia terkena musibah gempa, maka lahirlah album ke empat berjudul 'Gempa'. Kemudian disusul dengan mengeluarkan Album kelima 'Ini Jaman Uang'. Di dalam lagu 'Ini Jaman Uang', Abiem Ngesti berduet dengan Erie Suzan. Selanjutnya mengeluarkan kembali album keenam yang diberi judul 'Astaghfirullah'. 

Setelah sukses dengan Album Slow Rock, 'Ku Genggam Dunia', keluarlah Album 'Leila' besutan Wiwien Ngesti. Kemudian disusul lagu 'Sonia'. Selanjutnya Abiem Ngesti mencoba berkreasi karya sendiri dalam lagu 'Gadis Baliku' yang memadukan musik dangdut dan Rap dengan introducing 'Ole ole ole' dimana pada saat itu sedang gegap gempita Piala Dunia. 
Biografi Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut'
Abiem Ngesti
Album kesembilan 'Dahsyat' rupanya sebagai album terakhir Abiem Ngesti. Berdasarkan penuturan Azhar Gunawan yang menangani pembuatan video klip lagu Dahsyat di Pantai Palabuan Ratu bahwa “Abiem betul-betul habis-habisan, meski syuting tepat di tepi jurang, Abiem tak menunjukkan rasa takut.” Dikatakan saat itu Abiem disebutkan seolah memberi isyarat ingin pamit pada penggemarnya dengan menampilkan video klip yang “sempurna”.

Tepat 35 hari setelah itu Sabtu, 19 Agustus 1995 sekitar pukul 03.30 WIB, kecelakaan merenggut nyawa Pangeran Dangdut yang belum sempat disematnya. Jalan tol Jakarta-Cikampek menjadi saksi akhir hidup dari sang bintang yang menghembuskan nafasnya bersama ibu, adiknya, serta sepupunya. Meski julukan Pangeran Dangdut belum betul-betul disematnya secara luas, tapi di hati penggemarnya 'Sang Pangeran Dangdut' bersemayam penuh takzim selamanya.

Demikianlah ulasan mengenai Biografi Abiem Ngesti 'Sang Pangeran Dangdut' semoga menjadi pengobat rindu bagi anda para penggemar dan penikmat musik dangdut lawas khususnya bagi anda fansnya Abiem Ngesti.

46 komentar

Mudah-mudahan akan selalu lahir Abiem-Abiem yang baru dalam mengembangkan musik Indonesia.

iya mas lanjutan postingan yang kemaren :)

Mudah-mudahan aja pak, walaupun susah ditemukan yang seperti dia :)

selamat sore maz marnez , , ,
ini baru ya , , wah aku yang tadi pagi aku baca maz .. . hehehe

ya namanya juga sudah takdir mas :)

iya mas baru juga posting saya, hari rada-rada sibuk nie...

saya baru mengenal lagu-lagu abiem ngesti ini saat saya kelas satu sma mas.. itu foto terahir mirip cewek mas.. pake anting segala hehehehehe

Penggemar lagu dangdut ya mas hehe

keren ya mas...memang top deh lagu2nya n selalu diingit oleh penggemarnya..
mudah2an akan terus lahir abiem2 yang baru

Tragis mas kematiannya,
tapi setidaknya nama sang pangeran dangdut tetap melekat dalam hati penggemarnya

kalo saya mah waktu pas jaman SD mas, dulu pernah beli kasetnya yang album pertama "Pangeran Dangdut" dengan harga Rp. 3.500 kalo gak salah hehehe....

salah satu ciri khas musik Indonesia adalah adanya lagu dangdut ya mas. Sekarang ini lumayan cukup booming baik lagu ataupun goyang dangdut :)

selamat malam Mas... Dulu saya juga sangat suka mendengar lagu lagu dari Abiem Ngesti... dan lagu yang paling saya suka dulu adalah Pangeran Dangdut...

kalo saya sih hampir semua jenis musik suka mas tapi tergantung lagunya juga, dan jujur aja nie saya baru kenal dengan musik band itu pas waktu SMP, itu juga paling sukanya baru band lokal aja, semisal Sheilla On 7, Padi, Jamrud, Boomerang dll. Sementara ketika saya SD yang paling banyak di dengar di daerah saya ya kebanyakan dangdut mas.

Makanya HDD 40GB di kompie jadul saya cuma penuh dengan koleksi lagu-lagu doang mulai dari musik Dangdut, Pop Sunda, Lagu Barat dan lagu band-band lokal lainnya. Tapi jujur banget saya kurang suka dengan lagu Boyband/Girlband yang model sekarang, gak tau kenapa, kurang saja pokoknya tapi Boyband jaman dulu seperti Westlife saya juga suka. Boyband/Girlband model sekarang doang yang saya kurang suka semisal Smash, Cerrybele, JKT48 dan yang sejenisnya, kagak banget duah (maaf ya buat para penggemar boyband) hehehe....

Bener mas lagu-lagu dulu memang gak ngebosenin, liat aja lagunya bang H.Rhoma Irama dari jaman revolusi ke jaman Orba hingga kini jaman Reformasi lagu-lagunya masih terus eksis dan bahkan banyak penyanyi-penyanyi pendatang baru merecycle kembali lagu-lagunya jaman dulu dengan format musik yang berbeda.

Iya mas, banyak beberapa artis yang mengalami nasib yang sama ketika mereka sedang berada dipuncak popularitasnya tiba-tiba harus meninggal karna kecelakaan, sebut saja Nike Ardila, Andy Liani, Poppy Mercury, Alda Risma dan Ryan Hidayat yang pada waktu itu lagi berada dipuncak kepopuleran mereka.

iya mbak cuma Indonesia yang punya musik dangdut hehehe...
kalo untuk dangdut jaman sekarang kurang greget saya mah mbak :)

Selamat malam juga mas, awalnya saya juga paling suka yang judulnya pangeran dangdut tapi ternyata masih banyak lagi lagu-lagunya yang cukup enak untuk di dengar semisal Lorong-Lorong Malam, Bukan Tanda Jasa, Sebatang Kara beuhhhh....menyentuh banget mas heheheh....

saya kira sang pengedar *angcut* wkwkwkwkwkwk

hehehe....sang pengedar kancut mah noh Mas Diono Sableng, semalem saya liat di FB masih nangkring aja tuh kancut wkwkwkwk.....

kasian juga yah meninggal di usia muda bersama keluarganya, makasih sharingnya mas :)

Yah sy msh inget banget nh bang sm star yg satu ini syg tinggal kenangan

Iya mas belum juga tercapai cita-citanya dah keburu meninggal

saya agak mengenal lagunya dan musiknya agak ingat, tapi penyanyinya tidak tahu. ternyata abiem ngesti ya, dan panggung tvri itu menjadi hiburan kami saat minggu libur sekolah bersama keluarga.

iya mas sekarang cuma tinggal kenangan, saya nyari-nyari mp3nya juga susah mas...ketemu mah ketemu cuma suaranya kurang bagus karna hasil dari rekam ulang kaset tape recorder :)

iya betul mas, saya juga suka banget dulu nonton tayangan album minggu kita

bukan hanya raja dangdut, pangeran dangdut pun sekarang ada. :D

luar biasa ya gan... mungkin bisa dibilang pangeran dangdud tempoe doeloe.. :)

lha... memang mana orangnya wkwkwk

kalau abiem sebagai pangeran dangdut, maka rhoma si raja dangdut :D, gimana ya kalau mereka duet kan lebih seru tu !

betul sekali abiem ngesti dulu top banget kayak bondan prakoso silumba"..

Alfatihah buat sang Pangeran Dangdut..sampai detik n tahun ini belum ada yang bisa menandingi suara kang Abiem Ngesti..

sangat disayangkan ya

Visit > http://zuvmovies.blogspot.com

ini idola saya mas abiem ngesti, suaranya yang mantab dalam menyanyikan dangdut, apalagi saya juga musisi dangdut, terimakasih sharenya mas

ingat banget dengan anak ini pas masih sma dulu

saya kok kurang tau ya sob?? sukses lah buat dangdut indonesia

Gedhenya kok malah cantik yak?

gue baru tahu lagu pangeran dangdut dah lama dan penyanyinya sudah meninggal. iseng2 nyari d google penasaran lagunya bagus bnget dg suara tingginya. baru tahu jga ternyata lagu sonia jg yg pertma nyanyi orang ini. hebatlah. karyamu masih enak dinikmati sampai saat ini, hny doa yg bsa kita beri untukmu abiem ngesti.

Jaman dulu saat nihan di rayu sama mantan suami..berjudul dasyatnya benat sekali itu vidoonya puas bnht gaya danjogednya.

Saya masih simpan lagunya Abiem " Akan kugenggam dunia"
by the way Abiem kecelakaan bersama keluarga apakah mreka mninggal smua ?
saya tau juga makamnya Abiem, di Kudus

Pangeran dangdut sangat saya kenal, ketika saya masih smp, usia saya dan ebiem sama, saat itu juga ada sona orama, bondan prakoso, fadli yg alirannya slow rock dgn lagu lampu merahnya, sangat melekat dihati saya , dimana tuh sekarang sona orama dan fadli, abiem rip, semoga damai disana.


EmoticonEmoticon