Bagaimana Cara Menyikapi Terjadinya Bencana

Bagaimana Cara Menyikapi Terjadinya Bencana
Setelah kita melihat, mengetahui dan merasakan betapa bencana telah membuat sebagian masyarakat menderita, yang tak lain penyebab terjadinya bencana merupakan sebab akibat dari perilaku manusia itu sendiri. Seperti yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya mengenai Sebab-Sebab Terjadinya Bencana, maka sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT, ada beberapa hal yang harus kita lakukan, diantaranya :

1. Memperbanyak Istighfar
Menurut penuturan Sang Pemilik Langit dan Bumi dalam Al Qur'an, Allah SWT tidak akan menurunkan adzab, siksa dan menghukum suatu kaum selama mereka memohon ampunan kepada-Nya. Hal ini ditegaskan dalam firman-Nya :

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
"Dan tidaklah Allah akan menghukum (memberi adzab) kepada mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan." (QS Al Anfal 33).

Oleh sebab itu marilah kita memperbanyak membaca Istighfar (mohon ampunan Allah), dimanapun kita berada dan kapan saja waktunya. Mudah-mudahan dengan memperbanyak membacanya, kita akan terhindar dari bencana dan adzab Allah. Amiin...

2. Bersabar dan Berdo'a
Sebagai seorang muslim yang mempercayai eksistensi Allah SWT, ketika mereka mendapatkan musibah dan bencana, maka semestinya mereka harus bersabar. Karena sesungguhnya musibah itu datang dari Allah untuk menguji mereka, sejauh mana ketabahan mereka dalam menerimaan cobaan ini. Berkaitan dengan hal ini, Allah berfirman dalam Al Qur'an :

  وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ 
الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
"Dan sesungguhnya kami akan memberikan cobaan kepada kamu dengan sedikit ketakutan kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali." (QS Al Baqarah 155-156).

Dan pada ayat sebelumnya, Allah memberikan saran kepada hamba-hamba-Nya agar mereka tetap sabar dan berdo'a. Hal ini dijelaskan dalam firman-Nya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat (do'a). Sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar." (QS Al Baqarah 153).

3. Instrospeksi Diri
Instrospeksi diri atau muhasabah alannafsi, memang sangat penting bagi setiap muslim atau sekelompok manusia. Sebab, mereka sering kali lupa dan banyak melakukan kesalahan dan dosa. Akan tetapi mereka tidak menyadarinya. Kita harus waspada, setiap iblis dan syaitan selalu menggoda dengan berbagai macam cara, hingga suatu saat akan terperosok dan terjebak oleh rayuan kesesatan mereka. Oleh sebab itu, diantara kita harus saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan agama. Dan kita juga harus saling bantu membantu dalam hal kebaikan dan ketakwaan kepada Allah. Hal ini merupakan perintah Allah dan Rasull-Nya yang wajib dijalankan setiap mukmin dan muslim.

Demikianlah postingan mengenai Bagaimana Cara Menyikapi Terjadinya Bencana, semoga dapat bermanfaat buat kita semua, dan bagi saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, bersabarlah dalam arti sabar yang sebenar-benarnya. Mudah-mudahan akan segera datang hikmah yang besar yang dapat meningkatkan derajat mereka di sisi  Allah SWT.

33 komentar

dan yang paling penting bersabar mas marnes,,,,hehe

pastinya mas sesuai dengan apa yang telah dijelaskan pada ayat Al Qur'an di atas :)

berdoa dalah yang paling utama mas bagi saya .. terima aksih sharing nya mas .

selamat siang maz . . .
nampaknya trendingnya bencana terus ya maz , , ,
sangat inspiratif dan membangun maz wejangannya

Bersabar dan tabah menghadapinya mas. Karena musibah adalah ujian hidup buat kita. Jika kita mampu melewatinya maka akan di naikan derajat kita mas. Amin

Betul mas, yang disampaikan dalam dalil di atas.

Tapi ini hasil karangan mas atau ambil dari blog lain?

mas, saya mau tanya,, sampean kan pakek template fastest mugz bikinan mas sugeng, cara ngilangi sidebar ditengah itu gimana ya,,,
mohon bantuannya,,,,,

ketiga poin diatas tidak hanya untuk terkena musibah ajah seh ya, cuman kalau lagi kena musibah harus diperbanyak gituh deh..
sip pencerahannya.

wah poin diatas tidak hanya ketika terjadi bencanya ya sob, tapi bisa dilakukan setiap saat

Sip ketiga poin yang diulas diatas

Ada hikmah di balik musibah ya mas.. semoga orang-orang yang terkena musibah, selalu di tabahkan hatinya.. Amin,

sabar dan tawakal, serta menyerahkan sepenuh nya kepada yang diatas ya mas manakala bencana menimpa kehidupan kita :)

Itu hasil dari mendengarkan Khutbah Jum'ah pak ustadz kebetulan materi khutbahnya berkenaan dengan masalah musibah, dan postingan ini sebenarnya masih sambungan dari 2 postingan sebelumnya.

Yo'i mas Nucky, setiap saat selalu berdoa dan tentunya dibarengi dengan berbagai ibadah lainnya :)

lanjutan dari postingan kemarin mas belum selesai, kalo diposting sekaligus nanti malah panjang banget kayak ikan layur hehehehe....

Betul banget Mas Nady, musibah merupakan sebuah ujian bagi mereka orang baik dan sholeh tapi bagi sebagian orang yang jahat (selalu berbuat dosa) maka musibah merupakan sebuah teguran sekaligus peringatan.

waduh jujur aja nie mas kalo masalah edit mengedit template saya kurang ngerti mas, itu juga hasil searching terus nemu deh bagaimana cara menghilangkan sidebar, ya udah saya coba praktekin dengan utak-atik template dan Alhamdulillah berhasil ternyata tapi kalo saya disuruh menjelaskan saya juga lupa mas hehehe...

Betul banget kang memang seharusnya dilakukan setiap saat, namun banyak diantara kita yang lalai dan ketika terjadi sebuah musibah barulah kita sadar.

yess memang seharusnya begitu tapi begitulah manusia, ketika mereka dalam keadaan senang mereka lupa dan kurang pandai dalam bersykur tetapi manakala musibah datang barulah menyadarinya.

luar biasa bisa merekam khutbah jum'at dan kemudian dibagikan untuk menjadi komsumsi public, semoga menjadi amal jariyah mas marnes,,,
ditunggu untuk jejak-jejak rekaman khotbah jumat selanjutnya,, :D

Iya mas mudah-mudaha saja kita semua bisa mengambil hikmahnya :)

Iya mbak ketika musibah sudah terjadi yang bisa kita lakukan hanyalah berserah diri dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita perbuat di dunia ini

Saya sepakat mas, perbanyak istighfar, bersabar dan berdoa, dan instopeksi diri, memang hanya itu yang bisa dilakukan ketika tertimpa musibah ..

sangat bermanfaat sekali postingan ini :)

Betul sekali Mas Is, kita cuma bisa pasrah dan tawaqal aja, semoga musibah di negeri ini cepat berlalu :)

berguna bnget sob , nicepost
vsit back gan

sepertinya kunjungan pertama kali nih mas... ijin follow blognya ya....
ngomong-ngomong soal bencana.. saya ngebantu doa aja deh..

Terimakasih atas kunjungan dan follownya :)


EmoticonEmoticon